Indonesia Kembali Dipercaya untuk Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan di Tingkat Global

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Indonesia - Indonesia kembali mendapat kepercayaan dunia untuk mendorong prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas tata kelola pemerintahan di tingkat global, melalui terpilihnya Indonesia sebagai anggota Steering Committee pada forum Open Government Partnership (OGP) periode 2019-2022. Tugas tersebut akan dimulai pada 1 Oktober 2019. 

OGP merupakan sebuah forum internasional yang diprakarsai oleh 8 negara, termasuk Indonesia, pada September 2011. OGP kini beranggotakan 79 negara dan 20 Pemerintah Daerah. 

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Steering Committee OGP merupakan bukti pengakuan dunia internasional terhadap upaya Pemerintah Indonesia untuk membangun transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. 

Di tingkat nasional, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mendorong good governance antara lain membentuk sistem LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dan menyusun Rencana Aksi Open Government Indonesia (Renaksi OGI) 2018-2022, yang merupakan Renaksi ke-5 sejak Indonesia bergabung dalam OGP. 

Di tingkat global, Indonesia sebelumnya pernah menjadi Government Lead Chair pada periode 2013-2014. Selama menduduki Government Lead Chair OGP, Indonesia antara lain berhasil meluncurkan OGP Four Years Strategy 2015-2018, serta mengarusutamakan prinsip OGP dalam Open Working Group on Sustainable Development Goals yang merupakan proses awal penyusunan SDGs. 

Keanggotaan Indonesia dalam Steering Committee OGP kali ini merupakan yang ketiga. Indonesia sebelumnya pernah menjadi anggota Steering Committee OGP untuk periode 2012-2015 dan 2015-2018. 

Dengan terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota Steering Committee OGP, Indonesia memiliki kesempatan untuk memajukan dan mendorong implementasi transparansi dan akuntabilitas tata kelola pemerintahan, baik di tingkat sub-nasional, nasional dan internasional.(p/ab)