Indonesia - Iran Sepakat Terus Tingkatkan Kerja Sama antar Kedua Negara

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Indonesia - Pertemuan Komisi Konsultasi Bilateral (KKB) ke-8 RI-Iran telah berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, belum lama ini. Pertemuan yang dipimpin bersama oleh Desra Percaya, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika (Aspasaf) Kementerian Luar Negeri RI dan Mahmoud Farazandeh, Asisten Menlu Iran Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Iran tersebut membahas isu-isu penting terkait kerjasama kedua negara bidang politik, ekonomi, penerangan sosial budaya, konsuler dan isu-isu penting lainnya di kawasan serta pemetaan rencana aksi kerjasama bilateral di masa mendatang. 

Kedua belah pihak memandang hubungan bilateral RI Iran telah berjalan dengan baik sampai saat ini dan masih terdapat sejumlah potensi yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Hubungan politik RI-Iran ditandai dengan saling kunjung pejabat kedua negara termasuk upaya peningkatan kerjasama peningkatan kapasitas antar Parlemen kedua negara.

Selain itu di bidang ekonomi perdagangan, kedua pihak sepakat untuk tetap melaksanakan kerjasama terutama terkait situasi iran yang terkena sanksi ekonomi oleh AS, perlunya menggunakan seluruh kemampuan untuk mendorong kerjasama kedua negara terutama mekanisme transaksi keuangan dalam kerjasama perdagangan dan perekonomian.  

Sementara itu di bidang pensosbud disebutkan berbagai peluang kerjasama di bidang pendidikan, ristek, kesehatan, budaya, pariwisata serta pemberdayaan perempuan. Kedua pihak juga membahas perkembangan situasi kawasan dan internasional termasuk isu palestina, rohingya serta organisasi regional dan internasional seperti ASEAN, OKI dan PBB. 

Pertemuan telah menghasilkan dialog yang konstruktif di berbagai bidang, kedua negara sepakat untuk terus tingkatkan kerjasama di berbagai bidang dan kembangkan potensi kerjasama lainnya. (p/ab)