nusakini.com-- “Kerja sama di bidang ketenagakerjaan dan imigrasi Indonesia dan Hong Kong merupakan bagian penting dari hubungan kedua pihak” demikian disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi saat melakukan pertemuan dengan Menteri Keamanan Hong Kong, Lai Tung-kwok di Hong Kong, Kamis (16/6)

Pemerintah Hong Kong menyambut baik usulan Menlu RI untuk membangun kerja sama lebih erat bidang imigrasi melalui pembentukan MoU antara instansi terkait. Saat ini terdapat sekitar 168 ribu Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong, kedua terbesar setelah Filipina. 

Dalam pertemuan yang berjalan bersahabat tersebut, Menlu RI menjelaskan mengenai beberapa kasus hukum yang dialami oleh WNI terkait penerapan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). Menanggapi hal tersebut, Menteri Keamanan Hong Kong menyampaikan Hubungan bilateral Indonesia dan Hong Kong yang kuat menjadi modal penting guna membahas masalah ini lebih lanjut untuk dapat menemukan solusi terbaik bagi kedua pihak. 

Pertemuan menyepakati intensifikasi kerja sama antara Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dengan Kantor Imigrasi Hong Kong melalui pembentukan kelompok kerja untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh WNI di Hong Kong. (p/ab)