Indonesia Gelar International Meeting on Counter-Terrorism

By Admin

nusakini.com--​Indonesia menggelar  pertemuan internasional dalam upaya mengatasi masalah terorisme, International Meeting on Counter-Terrorism: Countering Cross-Border Movement of Terrorism pada 10 Agustus 2016 di Bali. ​Kemenkopolhukkam sebagai penanggungjawab pertemuan akan menyelenggarakan kegiatan ini bersamaan dengan pertemuan kedua Counter-Terrorism Financing Summit yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) RI dan PPATK Australia (AUSTRAC) yang digelar pada 8-11 Agustus 2016 di lokasi yang sama. 

Kedua pertemuan ini diadakan untuk memperkuat jaringan kerja sama internasional dalam mengatasi ancaman pergerakan lintas batas terorisme yang meliputi aktor, informasi, dan juga aliran dana. Pertemuan tersebut juga akan fokus membahas kemunculan fenomena baru FTF atau Foreign Terrorist Fighters yakni pejuang terorisme asing serta penyalahgunaan Informasi Teknologi dalam menyebarkan paham ekstrim dan radikal.  

Dalam beberapa tahun belakangan ini, masalah terorisme menjadi perhatian bersama komunitas internasional, termasuk Indonesia. Masalah terorisme terus memberikan ancaman serius tidak hanya bagi perdamaian dan keamanan internasional, tetapi juga pada pembangunan sosial ekonomi.

Terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang telah menyebabkan kerugian besar dan memakan banyak korban jiwa, namun tidak ada satu negarapun yang kebal terhadap terorisme. Untuk itu negara dan organisasi internasional perlu meningkatkan kerja sama dalam mengatasi masalah terorisme. 

Melalui pertemuan ini, negara peserta akan membahas upaya untuk meningkatkan kemampuan bersama dalam mencegah terorisme, khususnya dalam mengatasi pergerakan teroris yang tidak terkendali. Hal ini meliputi pertukaran pandangan dan berbagi informasi intelijen, pembelajaran bersama, dan juga contoh praktik terbaik dalam menangani terorisme, termasuk soal informasi pendanaan terorisme, penyelundupan senjata, kontra radikalisasi dan deradikalisasi.(p/ab)