Indonesia Bersih Melalui Program Infrastruktur Hijau

By Admin


nusakini.com-Wajo-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Direktorat Pengelolaan Sampah menggelar seminar pengembangan Bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia bersih sampah 2025.

Seminar dihadiri oleh direktur pengelolaan barang berbahaya dan beracun, Kementerian Lingkungn Hidup dan kehutanan RI. Yun Insani diikuti oleh seluruh lurah yang ada di kota Sengkang, para guru SMA dan SMK di wilayah kabupaten Wajo, pengurus bank sampah se-kabupaten Wajo serta mahasiswa. seminar berlangsung Selasa (13/11) di Gedung Glory Convention Center.

Kegiatan tersebut merupakan bukti konkrit dari program, pengelolaan bank sampah yang diharapkan dapat menjadikan indonesia hijau guna mencapai target 2025 di masa mendatang. Anggota komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris yang menjadi pembicara dalam seminar menyampaikan harapannya agar indonesia bersih melalaui program infrastruktur hijau dapat tercapai yang tentunya membutuhkan kontribusi dari semua pihak utamanya pemerintah dan stakholder serta masyarakat. 

Untuk mendukung terlaksananya program, maka Yuliani Paris menyerahkan bantuan berupa 16 unit sepeda motor roda tiga untuk pengangkutan sampah kepada kepala desa dan Lurah di beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo, antara lain kecamatan Tempe, kecamatan.Tanah sitola, kecamatan Maniang pajo, kecamatan Keera. Pengelolaan sampah yang berkesinambungan dan dilakukan secara optimal dapat menjadi solusi untuk menciptakan iundonesia bersih dan hal tersebut harus dimlai dari perubahan pola pikir tentang pengelolaan sampah, hal ini ditegaskan oleh Yuliani Paris dihadapan para peserta seminar.

Para peserta mengikuti seminar dengan sangat antusias, seperti halnya salah satu pengelola dan penggiat bank sampah yang ada di Kabupaten Wajo yakni Rahma yang mengaku bahwa selama mengikuti program bank sampah ada banyak manfaat yang diiperoleh tidak hanya perubahan pola pikir tetapi turut merasakan manfaatnya.

Rahma juga menyatakan jika sangat berterima kasih atas bantuan yang disalurkan Yuliana paris karena dapat mendorong semangat dan motivasi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih. (p/rajendra)