Indonesia Berpartisipasi dalam Festival Belanja Online Terbesar Dunia

By Admin


nusakini.com-Beijing-Singles Day tahun 2018 menjadi menarik karena dilakukan di tengah kelesuan ekonomi dunia dan hiruk pikuk perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Meskipun demikian, jumlah merek internasional yang mengikuti Singles Day 2018 mencapai lebih dari 100 ribu, meningkat dari tahun 2017 yang berjumlah sekitar 60,000 merk internasional.

Penjualan Singles Day juga melampaui jumlah penjualan festival belanja di Amerika Serikat, Black Friday, bila digabung dengan Cyber Monday di AS pada tahun yang sama. Black Friday hanya menghasilkan 5 milyar Dollar AS dan Cyber Monday 6.59 milyar Dollar AS, sementara Singles Day mencapai 25,38 milyar Dollar AS dalam satu hari.  

Tahun 2018 ini, Alibaba mentargetkan penjualan Singles Day sebesar 35 Milyar Dollar AS. Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 2009, Singles Day diikuti oleh semakin banyak retailer dari seluruh dunia. Dari tahun ke tahun, Alibaba juga mengembangkan promosi dan pengemasan acara ini, termasuk dengan mengundang artis internasional pada acara malam gala. 

Memanfaatkan besarnya penjualan Singles Day di Alibaba dan kehebohan promosi kegiatan tersebut, Indonesia bergabung bersama lima negara Eropa yaitu Denmark, Italia, Spanyol, Kanada, dan Inggris dalam Singles Day dan menjadi satu-satunya negara di Asia yang ikut dalam acara ini. Terdapat lima produk Indonesia yang ikut serta dalam festival 11.11 yaitu Kopi Kapal Api, biskuit Richeese, kerupuk Udang Papatonk, Indomie Goreng, dan Sarang Burung Walet Yan Ty Ty. 

Untuk mempersiapkan ini semua, Indonesia bekerjasama dengan Alibaba Group telah melakukan serangkaian promosi menuju 11.11 yang dimulai dengan peluncuran platform (online) Pavilion Indonesia di Tmal, salah satu platform belanja online Alibaba pada 19 Oktober 2018, peluncuran platform Pavilion Indonesia (offline) pada Tmall Global di Oriental Pearl Tower di Shanghai pada 2 – 6 November 2018 yang bersamaan dengan China International Import Expo di Shanghai di mana Indonesia sebagai country of honor

Keikutsertaan Indonesia pada Singles Day diharapkan akan memberikan nation branding sehingga produk Indonesia lebih dikenal luas, juga memberikan trickle down effect terhadap produk-produk lainnya di luar lima produk tersebut. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga memberikan dukungan melalui video promosi 5 merk produk Indonesia yang berpartisipasi dalam Festival 11.11 sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia yang dapat diakses pada https:pages.tmall.com/wow/jinkou/act/idn atau pada mobile app Tmall/Taobao. (p/ab)