Indonesia Berikan Bantuan Pelatihan Kepolisian Dukung Tuvalu Selenggarakan KTT PIF Ke-50

By Abdi Satria


nusakini.com-Funafuti-Sebagai komitmen Pemerintah Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pacific Islands Forum (PIF) ke-50, Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Mabes Kepolisian Indonesia memberikan bantuan pelatihan kepolisian International Training on Public Order Management for Tuvalu yang diselenggarakan di Funafuti, Tuvalu pada tanggal 22 – 24 Juli 2019. ​ 

Pelatihan ini dibuka tanggal 22 Juli 2019 oleh wakil dari Direktorat Kerja Sama Teknik, Kementerian Luar Negeri dan dihadiri oleh wakil-wakil dari Kepolisian Tuvalu, Kementerian Luar Negeri Tuvalu, Kementerian Luar Negeri RI dan tim Kepolisian RI serta 40 peserta pelatihan.  

Pada sambutan pembukaannya, Wakil dari Direktorat Kerja Sama Teknik menyampaikan bahwa pelatihan kepolisian ini merupakan salah satu komitmen bantuan Indonesia kepada Tuvalu dalam kerangka Selatan-Selatan. Diharapkan agar pelatihan ini dapat meningkatkan hubungan persahabatan Indonesia – Tuvalu serta membuka peluang kerjasama di bidang lainnya.  

Sementara wakil dari Komisi Kepolisian Tuvalu menyampaikan apresiasinya atas pemberian pelatihan kepada Kepolisian Nasional Tuvalu tersebut yang dianggap sebagai wujud persahabatan dan solidaritas yang ditunjukkan Indonesia secara nyata untuk membantu Tuvalu menyukseskan penyelenggaraan KTT PIF ke-50. Pelaksanaan pelatihan tersebut dipandang tepat waktu dalam menjawab kebutuhan Tuvalu sebagai tuan rumah KTT PIF 2019. 

Pelatihan International Training on Public Order Management for Tuvalu ini diselenggarakan Direktorat Kerja Sama Teknik Kemlu bekerja sama dengan Divisi Hubinter Mabes Polri dan KBRI di Suva-Fiji. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 40 personil Kepolisian Tuvalu. Selama pelatihan, personil kepolisian Tuvalu akan memperoleh materi pengamanan dalam menghadapi massa, antara lain; Basic Police Techniques (Position and Distances, Body Searching, Handcuffing), self-defence, arrest methods, barricades, attack on units, vehicle tactics, dan breaking contacts. Untuk keperluan pelatihan tersebut, Indonesia mengirimkan 4 (empat) perwira Kepolisian RI untuk memberikan materi terkait `pelatihan dimaksud. 

Pelatihan kepolisian ini merupakan bentuk komitmen bantuan teknik Pemerintah Indonesia dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan untuk negara-negara di kawasan Pasifik, khususnya bagi negara Tuvalu. Sebagai Mitra Dialog PIF, Indonesia mendukung secara penuh suksesnya pelaksanaan KTT PIF dibawah keketuaan Tuvalu. (p/ab)