Indonesia Akan Dorong Kontak Dagang Langsung dengan Kuba

By Admin

nusakini.com--"Indonesia akan mendorong kontak dagang langsung dengan Kuba untuk meningkatkan volume perdagangan kedua negara, serta mengapresiasi perkembangan pembangunan ekonomi dalam negeri Kuba yang signifikan,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri RI (Wamenlu) A.M. Fachir saat menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Urusan Bilateral, Kementerian Luar Negeri Republik Kuba, Duta Besar Gerardo Penalver Portal, di Kementerian Luar Negeri, akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Wamenlu Fachir menyampaikan berbagai isu yang menjadi kepentingan kedua negara, baik di fora bilateral maupun multilateral. 

“Secara bilateral, hubungan politik kedua negara telah terjalin sangat erat,” ujar Wamenlu, “namun demikian kedekatan ini harus dapat diterjemahkan ke dalam bentuk kerja sama yang nyata, antara lain di bidang perdagangan, kesehatan, dan pertanian.” 

Dalam konteks multilateral, Wamenlu Fachir menilai telah terdapat kesamaan posisi, pandangan dan kerja sama yang erat terkait berbagai isu internasional. 

Secara bilateral, Kuba memberikan perhatian terhadap upaya kontak dagang langsung dalam rangka meningkatkan kerja sama perdagangan, antara lain dengan merencanakan mengirimkan misi dagang Kuba ke Indonesia dan juga sebaliknya. 

Secara khusus, Dubes Portal menyampaikan penghargaan atas terbangunnya kerja sama saling dukung antar kedua negara di fora multilateral, serta mencatat peran Indonesia yang berkontribusi sangat besar di Gerakan Non Blok sehingga organisasi tersebut tetap relevan hingga kini. (p/ab)