Impor Tinggi Pengaruhi Melemahnya Rupiah

By Admin

nusakini.com-Semarang-Banyaknya barang-barang impor yang masuk ke dalam negeri, menjadi salah satu penyebab tertekannya nilai rupiah. Masuknya barang impor tersebut, bukan sekadar barang konsumsi, tapi juga industri. 

Saat Dialog Publik di Studio Mini Kantor Gubernur, Jumat (7/9) lalu, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP membeberkan, seiring tumbuhnya investasi dari luar negeri di Jawa Tengah, maka barang kebutuhan industri pun meningkat. Sebagian besar, belum bisa diproduksi di dalam negeri, sehingga mau tidak mau mereka harus impor. 

“Kenapa ya impor kita tinggi sekali? Karena banyak industri pindah ke Jawa Tengah. Belanja modal mereka tinggi sekali. Termasuk kita belum punya bahan baku. Sehingga mesin kan pasti impor. Mana bisa kita buat sendiri. Akhirnya itu gedhe banget. Kalau saya, suka tidak suka, mau tidak mau, neraca kita negatif ketika semua (industri) masuk ke sini,” tuturnya dalam dialog yang juga dihadiri Wagub KH Taj Yasin. 

Ganjar menyebutkan contoh beberapa bahan baku industri yang masih harus diimpor adalah kimia dasar, logam dasar dan farmasi. Meski ada dampak negatif atas masuknya investasi dari luar negeri, namun yang perlu menjadi catatan, masuknya investasi ini memiliki multiplier effect. Salah satunya penyerapan tenaga kerja yang tinggi. 

Senada disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Jateng, Frans Kongi. Dia menambahkan contoh komoditi garam industri yang banyak dibutuhkan, namun Indonesia belum bisa memenuhi standar kualifikasinya. Akhirnya, industri memenuhi kebutuhi garamnya dengan mengimpor. 

“Garam industri kita masih impor. Saya punya anggota-anggota (produsen garam) di Rembang, Pati yang pernah menyampaikan kepada saya untuk menggunakan garam mereka di industri. Tapi di industri itu komposisi atau kadar-kadar tertentu kurang,” ungkap dia. 

Untuk investasi pabrik garam, lanjutnya, juga butuh modal yang besar. Maka dia mengangankan suatu saat BUMN bisa mendirikan pabrik garam dengan teknologi dari negara yang selama ini menjadi sumber impor garam, yakni Italia dan China. 

“Kalau BUMN bisa bikin satu pabrik garam yang pakai teknologi Italia atau Cina, mereka kan pengalaman. Kita masih impor dari mereka. Kita mau tidak mau mesti undang mereka sebagai tenaga ahli,” kata dia. 

Mengundang tenaga ahli, imbuh dia, bertujuan untuk menransfer ilmu. Sehingga, perlu ditetapkan tenggang waktu tertentu sampai SDM dari Indonesia bisa menerapkannya. 

“Orang asing masih perlu supaya dia bisa membantu kita memperlancar produksi. Tapi kita juga tidak mau pakai dia lama-lama. Dua tahun paling lama. Maka SDM dalam negeri, dua tahun harus bisa menerapkan ilmunya,” jelasnya.(p/ab)