nusakini.com-London-International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) atau federasi internasional pencatat rekor dan statistik sepakbola dunia menobatkan  Lionel Messi  sebagai playmaker terbaik 2019.

Selain pemain pria, IFFHS juga menunjuk Megan Rapinoe sebagai playmaker putri terbaik. Duo Liverpool, Juergen Klopp dan Alisson Becker mendapat jatah gelar pelatih dan kiper terbaik. Fernando Santos (Portugal) menjadi pelatih tim nasional terbaik, dan Sari van Veenendaal (Belanda) menjadi kiper tim nasional terbaik.

Gelar bagi Messi sendiri diberikan pakar sepakbola yang berasal dari 90 negara. Bagi Messi, status playmaker terbaik dunia ini menjadi yang keempat setelah pada 2015, 2016, dan 2017--dengan tahun lalu gelarnya sempat direbut Luka Modric (Real Madrid).

Messi menyisihkan Kevin De Bruyne (Manchester City) dan Eden Hazard (Real Madrid). Messi menjadi pemenang dengan total mengoleksi 299 poin. Pemain Argentina itu mengungguli jauh De Bruyne (85 poin) dan Hazard (55).

Bagi Messi, gelar itu menyamai torehan eks rekannya di Barcelona, Xavi Hernandez. Total, Messi sudah mengumpulkan 10 gelar dari IFFHS dalam 9 tahun terakhir, yang menjadi rekor tersendiri IFFHS. (d/ab)