nusakini.com - Mobil hybrid Honda Clarity Plug-In berhasil meraih nilai tertinggi untuk jarak jelajah mesin listrik (all-electric range) terjauh di kelas mid-size plug-in berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Environment Protection Authority (EPA) di Amerika Serikat. Berdasarkan penilaian tersebut, Honda Clarity Plug-in mampu menempuh jarak sejauh 47 mil (75.6 km) dalam sekali pengisian baterai penuh.

Honda Clarity Plug-In Hybrid, yang akan diluncurkan di Amerika Serikat di tahun ini, juga telah meraih rating 110 untuk efisiensi bahan bakar versi EPA (Environment Protection Authority, serta rating bahan bakar bensin sebesar 44/40/42 MPG (perhitungan kombinasi pengujian di area perkotaan dan jalan bebas hambatan).

“Kombinasi antara mobil terdepan di kelasnya dengan rating all-electic range 47 mil yang dipadukan dengan mobil mewah berkapasitas lima penumpang akan menjadi keunggulan Honda Clarity Plug-in di pasar mobil hybrid,” ucap Ray Mikiciuk, Assistant Vice President dari Honda Auto Sales, American Honda Motor. “Honda Clarity Plug-In Hybrid merepresentasikan permulaan dari era baru, dimana Honda akan menjadikan teknologi elektrik menjadi hal yang umum di masyarakat melalui produk-produknya.”

Honda Clarity Plug-In Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 1.5L Atkinson 4 silinder untuk menghasilkan tenaga elektrik, yang pada keadaan tertentu dapat menjadi sumber tenaga langsung, sehingga menghasilkan rating nilai EPA sebesar 340 mil. Tenaga elektrik maksimum yang dapat dihasilkan adalah 181 HP dengan torsi 232 lb.-ft yang merupakan kombinasi mesin berbahan bakar minyak dan baterai 70 kWh, dengan waktu pengecasan hanya 2,5 jam untuk 240 volt. 

Honda Clarity Plug-In Hybrid mempunyai mode pengendaraan untuk memberikan kebebasan bagi pengendara untuk menentukan mode berkendara yang sesuai serta memaksimalkan efisiensi dan performa berkendara. Mode pengendaraanya terdiri dari mode Normal, Econ dan Sport. Mode keempat yakni HV mode disediakan untuk menjaga status baterai dan dapat dipilih bersamaan dengan mode Normal, Econ dan Sport.

Seri Honda Clarity

Honda Clarity Plug-In Hybrid adalah bagian dari seri Honda Clarity, yang mencakup Honda Clarity Fuel Cell yang mulai dijual pada bulan Desember 2016 dan Honda Clarity Electric yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017. Honda Clarity Plug-In Hybrid diharapkan dapat mencetak volume penjualan tertinggi sepanjang sejarah Honda Clarity Plug-In Hybrid dalam dua varian yaitu standar dan touring.

Honda Clarity merupakan kendaraan yang menawarkan beragam powertrain elektrik dalam balutan sebuah mobil yang advanced, kabin yang luas berkapasitas 5 orang penumpang yang premium serta mempunyai teknologi ramah lingkungan.

Dengan menawarkan DNA Honda yang “fun-to-drive”, setiap varian Honda Clarity menyediakan pengalaman berkendara yang nyaman. Honda Clarity dilengkapi dengan teknologi canggih meliputi Display Audio with Android Auto™ dan Apple CarPlay™, serta teknologi Honda Sensing® untuk fitur keselamatannya.

Seri Honda Clarity menjadi yang terdepan dalam visi “Honda Electrification Initiative” dengan tujuan menguasai dua per-tiga pasar global dengan produk mobil elektrik pada tahun 2030. (p/mr)