HKN ke - 53, Walikota Makassar Lakukan Senam Otak Hingga Penandatangan MOU

By Admin

nusakini.com--Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 di halaman kantor Balaikota Makassar, Rabu (15/11/17). Peringatan HKN kali ini mengangkat tema “Sehat Keluarga" 

Upacara ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Naisyah Tun Azikin, dan Ketua IDI Sulsel dr. Siswanto. Dan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto hadir sebagai inspektur upacara. 

“ Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Sesuai dengan temanya keluarga harus bergaya hidup sehat dan berperan dalam jaminan kesehatan sehingga akan membangun masyarakat Indonesia yang sadar tentang arti kesehatan serta membangun masyarakat Indonesia yang kuat,” ucapnya. 

Danny menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan No 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan kabupaten/kota yang pencapaiannya harus 100 persen. 

“Serta terdapat delapan indikator Keluarga Sehat terkait dengan indikator SPM dan hanya ada empat yang tidak terkait SPM yaitu merokok, jamban sehat, akses air bersih dan anggota JKN,” katanya. 

Danny juga meminta agar Puskesmas dan tenaga kesehatan mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan aktif dan terus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga. 

Sejak kepemimpinannya Danny tengah berfokus kepada kesehatan. "Kami terus meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat. Ada 112, ada Home care dan ada lansia care. Jadi kami perhatikan semua di segala umur," jelasnya. 

Dalam peringatan HKN kali ini, Dinas Kesehatan Kota Makassar juga memberikan sertifikat penghargaan kepada puskesmas-puskesmas dan posyandu yang terbaik dan telah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan. 

Tak hanya itu, usai upacara para peserta upacara melakukan senam otak, dan memperlihatkan gerakan makan buah yang belum lama ini dilaunching bersama Germas. 

Danny juga menandatangani MoU dengan Ketua IDI Sulsel untuk program kerjasama fisioterapi bagi masyarakat Kota Makassar yang membutuhkannya.(p/ab)