Hati-Hati Dalam Mengkritik Cristiano Ronaldo

By Admin


nusakini.com - Madrid - Terus berkembangnya diskusi soal menurunnya performa Cristiano Ronaldo di musim ini membuat pelatih Real Madrid Zinedine Zidane dituntut untuk memberikan penjelasan.

Seperti diketahui, produktivitas gol Ronaldo belakangan ini tidak semoncer seperti musim-musim sebelumnya. Di La Liga Spanyol, megabintang Portugal itu baru mengemas dua gol dari sepuluh laga.

Meski demikian, Zidane sejak awal tidak pernah mencemaskan paceklik gol yang dialami penyerang andalannya itu. Zidane justru meminta para pengkritik untuk bersikap hati-hati, karena Ronaldo tetap berbahaya seperti biasa dan akan menjadi sosok pembeda di saat-saat krusial.

“Hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena dia begitu besar, dalam artian dia memiliki pundak yang besar [untuk mengatasi beban dan tekanan]. Dia akan selalu menemukan cara untuk memperbaiki keadaan,” kata Zidane dalam jumpa pers jelang partai Liga Champions kontra Borussia Dortmund, Selasa (5/12).

“Normal bahwa orang-orang memiliki opini tentangnya. Tapi mereka yang mencintai Real Madrid tentu sudah tahu seperti apa jasa-jasanya. Musim lalu, dia menjalani musim yang fantastis. Musim ini masih panjang. Berhati-hatilah dengan Ronaldo, karena dia pasti akan membaik,” serunya.

Kendati keran golnya sedang seret, Ronaldo diprediksi tetap menjadi favorit dalam ajang Ballon d’Or 2017, yang pemenangnya akan diumumkan pada Kamis (7/12) mendatang.

Ronaldo akan bersaing ketat dengan Lionel Messi, penyerang Barcelona yang menjadi rival dalam kontes pemain terbaik dunia ini selama satu dekade terakhir. Zidane pun turut berpendapat soal rivalitas Ronaldo-Messi ini.

“Jujur, saya terkejut dengan jumlah gol yang telah mereka catat. Mereka adalah dua pemain yang menakjubkan. Yang satu memacu yang lain untuk menjadi lebih baik, begitu sebaliknya. Saya rasa duel ini akan terus berlanjut sampai beberapa waktu ke depan,” ungkapnya. (fft/om)