Hari Libur, Mentan Terus Pantau Langsung Pasokan dan Harga Daging Sapi

By Admin


nusakini.com - Di hari libur jelang lebaran, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, di Jakarta, Minggu (3/7/2016) tetap memantau secara langsung pasokan dan harga daging sapi di Pasar Pecah Kulit, Jakarta Barat.

Menurut Mentan, harga daging sapi segar di Pasar Pecah Kulit, dijual dikisaran Rp.110 ribu per kg dan daging beku kisaran Rp.75 ribu. 

Dengan adanya variasi harga, masyarakat diharapkan bisa memilih sesuai dgn keinginan dan kemampuan. Adapun Daging frozen saat ini, sudah masuk pasar becek, dengan harga di bawah Rp 80 ribu/ kg. 

Kemudian dii pasar Mayestik, Jakarta Selatan, harga daging segar yg disediakan oleh salah satu perusahaan swasta dilepas dengan harga Rp. 85 ribu/ kg. 

Ada sesuatu yang baru di lapak pasar Mayestik, dijual juga daging karkas frozen setelah sekian lama tedapat regulasi pembatasan penjualan karkas ke pasar tradisional. Rapat Koordinasi Terbatas (Rakrotas) telah menghasilkan pencabutan regulasi; pembatasan daging frozen karkas masuk ke pasar becek. 

Selanjutnya Menurut Mentan, daging beku merupakan penyeimbang kebutuhan daging sapi untuk Jabodetabek yg digelontorkan sebanyak 80% dari total impor, meskipun seperti yang diketahui Daerah NTT, NTB, Jatim, Sulsel merupakan sentra produksi sapi lokal. 

" Daging sapi frozen akan terus-menerus tersedia di pasar tradisional, bukan hanya selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri", kata Mentan. 

" Yang terpenting sekarang Kepentingan rakyat kita dahulukan, bukan kepentingan kelompok", lanjut Mentan. 

Olehnya Kementan bersama sejumlah perusahaan, lakukan operasi pasar untuk menekan harga daging sapi selama bulan puasa dan lebaran, sesuai keinginan Presiden Jokowi. 

"Operasi Pasar difokuskan di 18 pasar tradisional di Jabodetabek, upaya untuk menekan harga, sehingga masyarakat dapat menikmati daging dengan harga terjangkau", tutup Mentan.(ifm/mk)