Hari Kartini: 12 Kru Pesawat Perempuan Terbangkan Kartini Garuda Flight

By Admin

Foto/Istimewa  

nusakini.com - Dalam rangka merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Maskapai nasional Garuda Indonesia mengadakan penerbangan khusus "Kartini Flight" sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini dengan melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat yang dimiliki Garuda Indonesia Group.

Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus Kartini Flight ini adalah ikut sertanya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI, Yohana Yembise dan rombongan pada rute penerbangan Padang - Jakarta. Selain itu, dua direksi perempuan Garuda Indonesia, masing-masing Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Sari Suharso dan Direktur Produksi, Puji Nur Handayani juga ikut dalam penerbangan tersebut.

"Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini. Keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas darat yang semuanya perempuan membuktikan bahwa mereka mampu bekerja ditengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karir yang ada," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Yohana sesaat sebelum mengudara dengan penerbangan GA 167 itu.

Menteri pada kesempatan itu juga menyempatkan diri bersalaman dan berbincang-bincang singkat dengan kapten pilot dan seluruh crew pesawat. Lebih jauh menteri mengatakan, Garuda Indonesia telah mampu dengan baik mengakomodir aktualisasi diri kaum perempuan dalam jenjang karir professional di industri penerbangan.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso mengungkapkan melalui "Kartini Flight" ini Garuda Indonesia mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

"Spirit tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 164 rute Jakarta - Padang dan GA 167 dengan rute Padang - Jakarta ini," kata Sari.

Garuda Indonesia Group saat ini telah memiliki lebih dari 4500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya. Perempuan yang bekerja sebagai pilot sendiri mencapai 39 pilot perempuan, dimana 31 pilot di Garuda Indonesia dan 8 pilot di Citilink. Sementara di GMF-Aeroasia sendiri tercatat memiliki 357 orang karyawati dimana 97 karyawati bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer. Selain itu GMF-Aeroasia juga memiliki lima orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.

Direktur Produksi Garuda Indonesia, Puji Nur Handayani, menambahkan pihaknya berharap penerbangan Kartini Flight ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk dan wujud dukungan kami terhadap sosok pahlawan R.A Kartini yang hingga saat ini terus menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia.

"Kartini Flight" tersebut merupakan penerbangan khusus yang melibatkan seluruh sosok perempuan yang berperan penting dalam proses pelaksanaan penerbangan Garuda Indonesia, beberapa sosok perempuan hebat tersebut diantaranya :

1. Captain Pilot : Capt. Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA)

2. First Officer (FO/co-pilot) : Sari Ardisa

3. Flight Service Manager (FSM) : Gloria saragih

4. Flight Attendant (FA) : Sutrisma Lebang

5. Flight Attendant (FA) : Siena Halim

6. Flight Attendant (FA) : Meilina Priyanka

7. Flight Attendant (FA) : Rina Triana

8. Engineer Aircraft Release : Dessy Purnama Sari

9. Engineer Aircraft Release : Pitta

10. Passenger & Baggage Leader : Kentala Devi

11. Loadsheeter : Anissa Putri

12. Ramp Dispatcher : Winda Sitepu