Hari Guru Nasional, Mendikbud Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan ratusan guru berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta, Rabu, (23/11/2016). Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2016, Mendikbud bersama para guru menggelar upacara tabur bunga sekaligus berdoa bersama sebagai rangkaian acara peringatan Hari Guru Nasional 2016 dan ulang tahun ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

  Mendikbud mengatakan, guru adalah insan pengabdi di dunia pendidikan, sehingga kita harus menghargai dan menghormati jasa-jasanya. “Mereka pahlawan kita, terutama yang telah menghabiskan pikirannya dan masa hidupnya, untuk memajukan pendidikan di Indonesia ini,” ujarnya. 

  Ia juga mengatakan, agenda ziarah dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional bertujuan untuk meniru jasa guru, agar kita juga mengambil contoh dari guru-guru yang sudah wafat, dan bisa mengikuti jejak mereka untuk memberikan pengabdian yang terbaik untuk dunia pendidikan. 

  “Selain itu, agar kita ingat bahwa kita juga akan menyusul para pendahulu ini, entah kapan,” tutur Mendikbud. 

  Ditanya mengenai harapannya terhadap guru dan PGRI sebagai salah satu organisasi profesi guru, ia berharap guru dan PGRI bisa terus meningkatkan dan membantu pemerintah dalam peningkatan mutu guru, dan membantu menyumbangkan pikiran-pikiran untuk kemajuan pendidikan Indonesia. 

  Terkait pemerataan guru, ia mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya melakukan pemerataan guru hingga ke daerah-daerah. “Ya, ini sedang kita bicarakan dan itu bisa jadi perkara klasik sampai kapanpun. Pemerataan (guru) itu pasti jadi isu pendidikan. Tapi bakal ada solusi terbaik, insyaAllah,” kata Mendikbud.(p/ab)