Hangky Arther Gerungan Resmi Jadi Ketum Kadin Sulut

By Admin

nusakini.com--Hangky Arther Gerungan (HAG) dilantik sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara masa bakti 2015-2020. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Timur Andi Rukman atas nama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani di Hotel Peninsula Manado kemarin.

Pada kesempatan itu, Andi Rukman menuturkan, sinergi antara dunia usaha dengan pemerintah sangat penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu yang perlu diperhatikan oleh pemerintah adalah keberpihakan sektor ekonomi pemberdayaan.  

"Mestinya pemerintah melakukan afirmatif action, agar dunia usaha di sektor bawah bisa bertumbuh. Kebijakan Afirmatif Action akan menumbuhkan kinerja pelaku ekonomi, khususnya bagi UKM,” ungkap Andi. 

Dalam sambutannya, Hangky Gerungan mengapresiasi kehadiran Mendag Enggartiasto Lukita dan mendukung penuh Visi TRISAKTI Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw. 

“Kadin Sulut akan berselaras pada poin Ekonomi nawacita, yaitu, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan, meningkatkan produktifitas dan daya saing rakyat di pasar internasional. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik,” kata Hangky Gerungan. 

Menurutnya, untuk mengubah dan mewujudkannya, diperlukan kerja nyata tahap demi tahap, dimulai dengan pembangunan fondasi dan dilanjutkan dengan upaya percepatan di berbagai bidang. 

Strategi percepatan (akselerasi) pembangunan ekonomi dalam hampir dua tahun kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw telah memperlihatkan hasil yang sungguh signifikan. Hal tersebut dapat terlihat beberapa indikator Strategis Makro Ekonomi yang dicatat oleh BPS. 

Menurutnya strategi lompatan dan akselerasi dimulai dari peningkatan jumlah kunjungan wisata mancanegara. Dalam catatan BPS, jumlah wisatawan mancanegara serta penyelesaian percepatan 6 proyek strategis nasional. 

“Bendungan Lolak di Bolmong, Bendungan Kuwil di Minut, Jalan Tol Manado – Bitung, International Hub Port di Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) di Bitung, Jalan Penghubung Gorontalo-Manado merupakan mega proyek di Sulut yang berhasil terealisasi” tutur Hangky Gerungan. (p/ab)