Haiti Jadi Lumbung Gol Brasil di Copa America 2016

By Admin

nusakini.com--Haiti tidak mampu meredam keganasan Brasil di Copa America 2016. Mereka takluk 1-7 dari tim Selecao pada lanjutan pertandingan Grup B, Kamis (9/6) pagi WIB.

Butuh tiga poin setelah hanya bermain imbang lawan Ekuador, Brasil langsung menekan pertahanan Haiti sejak menit pertama. Coutinho pun harus dijatuhkan para pemain Haiti di luar kotak penalti, untuk menghentikan kelincahannya.

Namun, mantan pemain Inter Milan, itu terus memberikan persoalan bagi pertahanan Haiti, sehingga beberapa kali harus dijatuhkan lagi. Pemain dengan julukan pesulap kecil, itu akhirnya sukses mencetak gol pertama pada menit 14 dengan aksi individual.

Terjadinya gol pertama membuat Brasil semakin mendominasi permainan. Mereka tampak benar-benar akan menjadikan Haiti sebagai lumbung gol. Coutinho menambah golnya pada menit 28, lewat kerja sama dengan Dani Alves dan Jonas.

Coutinho menjadi pemain Brasil pertama yang mencetak dua gol dalam 30 menit di Copa America, sejak Rivaldo melakukannya ke gawang Uruguay pada 1999.

Dani Alves kembali menunjukkan kapasitasnya dalam memberikan umpan tujuh menit kemudian. Full back Barcelona, itu melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang dapat diselesaikan dengan baik oleh Renato Augusto menjadi gol ketiga Brasil pada menit 35.

Kevin Lafrance akhirnya memperoleh kesempatan pertama, untuk melepaskan tembakan ke gawang Brasil pada menit 41. Lafrance berlari menggiring bola dan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, yang dengan mudah diselamatkan oleh Allison.

Brasil kembali trengginas di babak kedua. Gabriel Barbosa yang menggantikan Jonas pada menit 46, menambah keunggulan Brasil jadi 4-0 pada menit 59. Dia kini sudah mencetak dua gol dalam tiga laga terakhirnya untuk Selecao.

Sembilan menit kemudian keunggulan Brasil bertambah jadi 5-0. Lucas Lima mencetak gol, hanya enam menit setelah masuk ke lapangan menjadi pengganti Casemiro pada menit 62. Gol balasan terjadi dua menit kemudian, dibuat James Marcelin pada menit 70.

Renato Augusto membuat gol keduanya pada menit 86. Coutinho menutup pertandingan dengan gol ketiganya di masa tambahan waktu, menit 92. Brasil menghempaskan perlawanan tim dari kepulauan kecil Haiti, dengan skor 7-1 dalam kesempatan mereka berlaga di Copa America untuk pertama kalinya. (v/ab)

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson, Filipe Luis, Gil, Marquinhos, Dani Alves, Casemiro (Lucas Lima 62), Philippe Coutinho, Renato Augusto, Elias (Walace 72), Willian, Jonas (Gabriel Barbosa 49).

Haiti: Johny Placide, Jerome Mechack, Kim Jaggy, Romain Genevois, Jean Sony Alcenat, Jean Marc Alexandre (Hilaire 62), James Marcelin, Kevin Lafrance, Kervens Belfort (Nazon 49), Jeff Louis