Hadirkan120 Jenis Layanan, MPP Banyumas Siap 'Manjakan' Warga

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dijadwalkan akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Jumat (18/01). Sedikitnya, ada 17 instansi yang akan bergabung di MPP dengan jumlah pelayanan yang diberikan mencapai 120 jenis layanan akan memanjakan warga Banyumas dalam memperoleh pelayanan publik. 

Dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas, maka menambah kehadiran MPP di Indonesia. Saat ini MPP sudah hadir di Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kota Tomohon, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kota Batam, Kota Padang, Kabupaten Kulon Progo. 

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan MPP berdasarkan Surat Keputusan Menteri PAN RB bernomor 11/2018. MPP merupakan integrasi dari proses bisnis, mekanisme operasional, sharing data, manajemen SDM, sarana prasarana yang menunjang kenyamanan setiap pengunjung terutama bagi kelompok rentan, kerjasama antara pemerintah pusat, pemda, BUMN, BUMD termasuk swasta. 

Selain itu dibutuhkan juga komitmen dan dukungan yang sangat kuat dari unsur Kepala Daerah, DPRD, ASN, swasta, dan masyarakat itu sendiri. "Semua itu jika dikelola dengan baik, pada akhirnya akan mampu memberikan kemudahan dan kecepatan layanan yang akan berdampak pada tumbuhnya perekonomian," jelas Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa. 

Selain Menteri Syafruddin, acara peresmian MPP Kabupaten Banyumas rencananya akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa, perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan, KPK, Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Bupati Banyumas para pejabat di lingkungan Kabupaten Banyumas.(p/ab)