Hadiri Vaksinasi Massal PW ‘Aisyiyah Kaltim, Wagub Hadi Ajak Masyarakat Budayakan hidup Sehat

By Abdi Satria


nusakini.com-Kaltim-Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri kegiatan Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah untuk Semua yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah (PW) ‘Aisyiyah Kalimantan Timur di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Sabtu (19/3/2022).

Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diinisiasi PW ‘Aisyiyah Kaltim dengan menyediakan kuota 2.000 dosis vaksin jenis Pfizer untuk dosis 1 dan 2 serta booster.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk beramal kepada bangsa dan umat yang selalu dilakukan Muhammadiyah. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal jariyah bagi kita semua,” ucap Hadi.

Dia mengungkapkan hingga saat ini cakupan vaksiniasi di Kaltim mencapai 98,58 % dari target 70 persen penduduk untuk dosis 1. Sedangkan dosis 2 sudah mencapai 82,22 % dan dosis 3 atau booster (8,63 %). Dengan capaian vaksinasi tersebut diharapkan mengurangi penularan Covid-19 serta mengurangi angka kematian yang terjadi akibat Covid-19.

*Sejak September-Desember 2021, angka kematian terus menurun, seiring dengan peningkatan cakupan vaksinasi. Semoga untuk vaksin booster juga bisa dilakukan percepatan cakupannya, tentunya dengan dukungan dari seluruh pihak, termasuk dari Muhammadiyah melalui PW ‘Aisyiyah ini,” harap Hadi.

Selain itu, mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini meminta kepada masyarajat untuk membudayakan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan olahraga teratur, pola tidur dan istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi sehat dan aman (BSA).

“Melalui momentum ini saya ingin memastikan seluruh warga Muhammadiyah bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam perilaku hidup sehat. Dengan mengampanyekan dan menciptakan gaya hidup yang sehat kepada masyarakat kita, agar tubuh selalu bugar dan sehat terbebas dari berbagai macam penyakit,” harapnya.

Kegiatan vaksinasi ini dihadiri Rektor UMKT Prof Bambang Setiaji secara online dan Pimpinan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah Agus Sukaca, Wakil PW Muhammadiyah Kaltim Abdul Hadi, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak serta jajaran PW ‘Aisyiyah Kaltim secara offline.

Kegiatan ini menjadi vaksinasi ketiga yang telah dilakukan PW ‘Aisyiyah Kaltim. Dimana pada Oktober akhir telah dilakukan dua kali vaksinasi dengan 6.000 dosis dan untuk kali ini yang berlangsung selama dua hari pada 19-20 Maret untuk vaksin dosis 1 dan 2 serta booster disediakan 2.000 dosis.

 Sedangkan secara keseluruhan untuk PW Muhammadiyah Kaltim telah melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat sebanyak 96 ribu dosis. (rls)