H-2, Majalengka-Cirebon Lancar

By Admin

nusakini.com--Mudik memang merupakan hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya bagi mereka yang akan merantau ke luar daerah. Mudik juga identik dengan kemacetan yang begitu parah. Tetapi tidak dengan jalur Majalengka-Cirebon. 

H-2 menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H arus lalu lintas di kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka terhitung lancar, Senin (4/7). Tidak ada kemacetan terkecuali pagi hari karena adanya pasar. Posko-posko mudik di Jatiwangi pun terlihat sepi. 

Diding, salah seorang polisi yang berjaga di posko mudik mengatakan, sudah dua hari jalur ini sepi dan lancar. "Semenjak dua tahun terakhir, jalur ini lancar, karena sudah beroperasinya tol Cipali sehingga orang-orang lebih memilih jalur tol. Volume kecelakaan pun hampir tidak ada sampai saat ini, alhamdulillah," ujar Diding selaku Kanjaga 3. 

Meskipun posko kosong oleh pemudik, polisi tetap berjaga selama 24 jam untuk memantau dan mengatur arus lalu lintas dengan dibantu oleh beberapa pramuka Saka Bhayangkara binaan Polsek Jatiwangi. Info dari pramuka yang baru saja datang, arah Cirebon pun lancar. 

Hanya ada sedikit antrian di pintu tol Plumbon dan Palimanan. Kepedulian dari polisi dan posko ini terhadap pelayanan masyarakat adalah menyediakan takjil dan air mineral gratis bagi mereka yang hendak beristirahat dan saat berbuka puasa. "Ada takjil dan air putih barangkali ada yang mau berbuka disini. Walaupun sepi tetapi ada saja beberapa yang beristirahat," tambah Diding. 

Sesuai dengan peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai tidak adanya cuti bersama pasca setelah lebaran, Diding memastikan volume kendaraan akan naik karena seluruh pemudik kembali ke kotanya masing-masing untuk bekerja kembali pada Senin (11/7). 

Dikemukakan oleh salah seorang pemudik asal Bandung, Yoyon Darsono, bahwa perjalanan yang ditempuhnya sangatlah cepat, tidak terhambat sama sekali kecuali di pasar Tanjungsari, Sumedang. "Saya mudik ke Cirebon, dan sangat lancar. Tidak ada macet sama sekali. Dari Bandung jam duabelas siang dan jam setengah tiga sudah di Majalengka," pungkas Yoyon saat di temui di posko ketika beristirahat.(p/ab)