Gunakan CAT, 424 Bidan PTT di Bali Ikuti Tes CPNS

By Admin

nusakini.com-- Tes kompetensi dasar (TKD) bagi dokter, dokter gigi, bidan pegawai tidak tetap (PTT) untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dilaksanakan pada 19 Juli 2016, dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang difasilitasi oleh Kemendikbud. Secara nasional, pelaksanaan tes seleksi CPNS untuk dokter, dokter gigi dan bidan PTT dilaksanakan mulai tanggal 19 - 24 juli 2016 di 36 titik, yang sebagian besar berada di ibukota provinsi. 

Proses seleksi ini menggunakan prinsip kompetitif, objektif, transparan,bersih, dan tidak dipungut biaya. Khusus di Bali, Pelaksanaan tes yang digelar Kementerian Kesehatan tanggal 21 – 22 Juli 2016 ini diikuti 424 peserta. Tes dilaksanakan di SMK Negeri 4 Denpasar dan SMA Negeri 7 Denpasar. 

 Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Arizal menjelaskan bahwa untuk penentuan kelulusannya berdasarkan peringkat per kabupaten. “Hasil seleksi diserahkan ke Panselnas. Kemudian Panselnas menyerahkan ke Kemenkes, selanjutnya diumumkan oleh Bupati,” ujarnya saat melakukan peninjauan pelaksanaan TKD bidan PTT di Denpasar, Kamis (21/07). 

Arizal menambahkan, Bidan PTT Pusat Kementerian Kesehatan, menjadi salah satu prioritas untuk diangkat, mengingat mereka telah berperan menurunkan angka kematian ibu dan bayi di daerah-daerah terpencil. 

Seleksi ini diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 8/ 2016 tentang Penetapan Kebutuhan dan Pelaksanaan Aeleksi bagi Dokter, Dokter Gigi, Bidan PTT di Kementerian Kesehatan, Guru Garis Depan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian menjadi Calon Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintah daerah tahun 2016. 

Seleksi bidan PTT, GGD dan penyuluh pertanian ini dalam rangka mewujudkan nawacita dan mendukung rencana pembangunan jangka menengah nasional khususnya di sektor pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan serta peningkatan ketahanan pangan. (p/ab)