Gubernur Pimpin Sidak Pemanfaatan Air Tanah di Gedung Bertingkat

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) pemanfaatan air tanah, penyediaan sumur resapan, dan instalasi pengolahan air limbah di salah satu gedung bertingkat di kawasan Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dikatakan Anies, pengecekan ini dilakukan untuk menindaklanjuti Keputusan Gubernur Nomor 279 Tahun 2018 tentang Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah di Bangunan Gedung dan Perumahan yang mulai berlaku 6 Februari lalu.

"Kami ingin memastikan pemilik maupun pengelola gedung betul-betul mematuhi aturan," ujar Anies

Dijelaskannya, tim ini terdiri dari unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi terkait seperti, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan; Dinas Lingkungan Hidup; Satpol PP; Dinas Sumber Daya Air; serta Balai Konservasi Tanah.

"Hari ini tim bertugas meminta data-data terkait pemakaian air minum, pengolahan air limbah serta kelengkapan dokumen," terangnya.

Anies menambahkan, sebanyak lima tim dengan masing-masing tim terdiri dari 10 anggota akan bekerja secara maraton melakukan pemeriksaan.

"Ada 80 gedung yang akan diperiksa hingga 21 Maret mendatang," tandasnya.(pr/kj/al)