Gubernur Nurdin Lakukan Peletakan Batu Pertama Tuks Galangan Kapal di Awarenge Barru

By Abdi Satria


nusakini.com-Barru-Pembangunan begitu masif di Kabupaten Barru, Pemkab Barru terus mengalakkan terciptakan lapangan kerja, usaha baru dan pendukung pertumbuhan ekonomi.

Termasuk dengan pelibatan sektor swasta dan invesatsi. Salah satunya adalah hadirnya galangan kapal yang dibangun PT. Layar Perkasa Nusantara di Awarenge, Desa Batu Pute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kamis (20/2).

Gubernur Sulawesi Selatan Prof. HM Nurdin Abdullah hadir langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan. Hadir Ketua DPRD Sulsel, Bupati Barru dan juga Mantan Rektor Unhas, Idrus Patturusi.

Nurdin menilai, peletakan batu pertama ini merupakan kado tepat di hari jadi ke-60 kabupaten Barru, menumbuhkan industri perkapalan. Dan galangan kapal sebagai usaha inti, akan merangsang tumbuhnya usaha lain seperti, perhotelan, restoran bahkan pasar-pasar akan menyiapkan kebutuhan pangan.

"Hadirnya galangan kapal ini, ini akan menambah semangat pengusaha kapal yang ada di Sulsel. Berbanggalah, bahwa Barru menjadi pusat perawatan kapal di Sulawesi-Selatan, bahkan di timur (KTI). 

Galangan kapal ini juga akan memudahkan pengiriman logsitik hasil dari smelter beberapa daerah seperti dari PT Vale (Luwi Timur), Kabupaten Bantaeng bahkan dari Sulawesi Tenggara.

Sementara, Suardi Saleh menyebutkan, hadirnya galangan kapal ini akan menyerap sekira 600 pekerja.

Di Pemerintahanya, investasi ramah dan aman menjadi komitmen. Terutama, investasi padat karya.

"Investasi yang bisa melibatkan masyarakat atau mendorong industri rumah tangga dan industri kreatif di Kabupaten Barru," sebutnya.(rah)