Gubernur Kalbar Tekankan Kelola Keuangan Yang Transparan

By Abdi Satria


nusakini.com-Pontianak-Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji melantik 15 Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar Jalan A.Yani, Selasa (25/6). 

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji mengungkapkan pelantikan Pejabat Struktural ini terdiri dari Delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama hasil Seleksi Terbuka dan Tujuh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama hasil Uji Kompetisi dalam rangka mutasi atau rotasi yang telah melalui mekanisme sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-undangan serta telah mendapatkan rekomendasi KASN dalam pelaksanaannya. Pada pelantikan ini, dimana sesuai dengan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana sebelumnya belum ada yang diisi disebabkan pensiun atau mengundurkan diri. 

"Saya minta para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan transparan dalam kelola keuangan, jangan sampai ada banyak temuan. Jika ada laporan banyaknya temuan saya pastikan akan saya ganti," ungkap Gubernur H. Sutarmidji saat sambutan pelantikan. 

Lanjutnya, dirinya sangat tegas terkait kelolaan keuangan daerah meskipun temuannya keuangan tidak terlalu banyak tetap akan diganti walaupun masa jabatannya masih panjang. 

"Kalau ada penyimpangan keuangan biar cuma sedikit, mau 10 jt, 15 jt, pokoknya asal akhir tahun temuan penyimpangan. Ah udah lah penyakit lah dapatnya, tetap copot," tegasnya dengan logat melayu. 

Nantinya ia akan melakukan evaluasi pejabat jika masa jabatan sudah memasuki selama dua tahun kedepan, demi terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik. 

"Jangan takut untuk memberikan masukan atau saran kepada saya, guna memajukan Kalbar," tegasnya. 

Pelantikan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dimana para pejabat yang baru dilantik ini telah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang dimulai seleksi administrasi, penulisan makalah, uji kompetisi wawancara dan penelusuran rekam jejak termasuk uji kompetensi.(p/ab)