Gubernur Jatim Terima Penghargaan “Pena Emas” Pada Puncak HPN 2018

By Admin

nusakini.com--Gubenur Jatim Dr. H. Soekarwo menerima penghargaan pena emas pada puncak peringatan Hari Pers Nasional/HPN ke-32 tahun 2018, yang diselenggarakan di Muaro Lasak, kawasan Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat, Jumat (09/02). Penghargaan berupa pin pena emas ini disematkan secara langsung oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara dihadapan Presiden RI Jokowi. 

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim sebelum menerima penghargaan tertinggi dari Persatuan Wartawan Indonesia/PWI telah menyampaikan orasinya di Hall Dewan Pers, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bahkan, Pakde Karwo mendapatkan predikat “cum laude” dari 16 panelis yang memberi penilaian. “Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk masyarakat dan media Jatim. Sebab, komunikasi tidak sendiri, melainkan ada komunikator dan komunikan,” ungkapnya. 

Menurutnya, keterlibatan media atau pers dalam pembangunan sangatlah penting. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim membuka seluas-luasnya dialog interaktif dengan masyarakat melalui ruang publik yang difasilitasi media. Diantaranya melalui dialog TV dengan acara cangkrukan, ajang wadul, obrolan issue publik dan dialog-dialog khusus. Selain itu, juga sosialisasi program di Radio Suara Surabaya dan RRI Surabaya serta analisis konten media. “Di Jawa Timur media telah menjadi teman diskusi pemerintah,” imbuhnya. 

Pakde Karwo merupakan gubernur satu-satunya yang menerima penghargaan “Pena Emas”. Selain Pakde Karwo, kepala daerah yang juga menerima penghargaan yaitu Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani. (p/ab)