Gubernur HD Dukung Yayasan Alam Malaya Lestarikan Kearifan Lokal

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mendukung penuh upaya pelestarian adat, budaya dan kearifan lokal yang selama ini digeluti Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (Malaya). Mengingat budaya melayu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari khasanah budaya nusantara peninggalan kerajaan Sriwijaya. 

“Terus terang saya bangga dengan adanya Yayasan Alam Melayu Sriwijaya yang tetap konsisten melestarikan budaya melayu,” ungkap Gubernur disela-sela menerima audiens Ketua Yayasan Malaya Dr. Husni Tamrin di ruang tamu Gubernur, Senin (16/9).  

Menurut Gubernur, Yayasan Malaya didukung oleh tim yang solid dan praktisi yang berpengalaman dari berbagai bidang ilmu. Karena itu dia menilai apa yang dilakukan pihak yayasan akan lebih maksimal dalam menjaga kelestarian budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang ada di Bumi Sriwijaya. 

"Saya merasa senang mendapatkan kunjungan dari tokoh yang peduli dengan urusan budaya dan kearifan melayu ini, sejujurnya kita ini butuh orang yang peduli terhadap warisan budaya yang telah ditinggalkan nenek moyang," katanya  

Lebih lanjut Herman Deru menuturkan, mempertahankan kearifan lokal merupakan bagian dari visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, oleh sebab itu dia menghimbau semua elemen masyarakat untuk memiliki perhatian khusus terhadap warisan leluhur. 

“Provinsi Sumsel tidak ada kasta, Kita akan akomodir dengan tidak mengedepankan emosinal, karena melayu adalah aset kita,” pungkasnya  

Selain Ketua Yayasan Malaya Dr. Husni Tamrin juga ikut dalam rombongan saat audensi dengan gubernur kali ini Sekretaris Yayasan Malaya Muchlis.,SHi.,MH, Sekretaris Pengawas Yayasan Malaya R. Suhartono. (p/ab)