Gubernur Ganjar Lepas Kontingen SOIna Jateng ke Pekanbaru

By Admin

nusakini.com-- Prestasi bisa ditorehkan oleh siapa saja. Tidak terbatas pada manusia yang diciptakan Tuhan dalam kondisi normal, tapi juga manusia yang diciptakan dengan kebutuhan khusus. 

Pesan penyemangat itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat acara Pelepasan Peserta Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympic Indonesia (SOIna), di Hotel Puri Garden, Rabu (18/7). 

Ganjar yakin, kontingen SOIna Jateng akan mampu membawa nama harum Jawa Tengah dalam Pornas SOIna yang dilaksanakan di Pekanbaru Riau pada 19 – 23 Juli 2018. Apalagi, sebelumnya SOIna Jateng, sudah beberapa kali menyabet gelar juara di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya juara III cabang olahraga floorball di ajang Special Olympics World Winter Games 2017 di Graz, Austria. 

“Di Grobogan ada perempuan namanya Susanti. Dia memanjat cepat sekali, mengalahkan pemanjat tebing dari Rusia. Itu menggemparkan dunia. Maka sebenarnya banyak sekali yang bisa menggemparkan, termasuk kalian di Pekanbaru,” katanya menyemangati. 

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu pun meminta mereka aktif mengirimkan foto-foto saat mereka bertanding melalui whatsapps. Itu merupakan bagian dari perhatiannya kepada anak-anak berkebutuhan khusus. 

“Setiap kali tanding mereka memberikan info-info yang membanggakan. Ketika mereka dibalas, luar biasa mereka suka. Harapan kita pemerintah bisa mewujudkan bahwa mereka mendapat ruang, perhatian, dan kesempatan, sehingga bisa bertanding dengan baik dan kita bisa memberikan apresiasi,” kata Ganjar usai acara. 

Dia berharap ruang yang diberikan pemerintah kepada anak-anak berkebutuhan khusus, bisa menjadi media ekspresi mereka dan membentuk mereka menjadi anak-anak yang mandiri. 

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jateng Effendi Hari Marsudi melaporkan, jumlah kontingen SOIna Jateng yang diberangkatkan ke Pekanbaru Riau sebanyak 53 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 14 pelatih dan 39 atlet. 

Dari 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, lanjutnya, Jateng mengikuti sebanyak tujuh cabor. Yaitu, atletik, bocce, renang, sepakbola, futsal, tenis meja, dan bulutangkis. Para atlet yang mengikuti pertandingan sudah mengikuti pemusatan latihan di Kota Semarang pada 13 – 17 Juli lalu. (p/ab)