Guardiola Tak Cemas Manchester City Kehilangan John Stones

By Admin


nusakini.com - Manchester - Meski kini mencatatkan sepuluh kemenangan beruntun di Premier League 2017/2018. Namun tiga poin yang diraih di markas Leicester City pada Sabtu (19/11) malam, Manchester City diyakini tidak akan terlalu senang. Pasalnya di laga yang berkesudahan 0-2 tersebut John Stones harus ditarik keluar akibat cedera.

Bek asal Inggris tersebut dijadikan starter bersama Vincent Kompany di jantung pertahanan City namun tidak bisa bertahan sampai menit ke-30. Stones kemudian digantikan Eliaquim Mangala.

Usai laga Pep Guardiola selaku manajer City menyatakan jika defender sentral andalannya tersebut berpotensi absen hingga enam pekan lamanya. Ini dikarenakan Stones mengalami cedera hamstring terlihat dari caranya memegang bagian belakang pahanya saat berlari hendak mengejar bola.

“Ini adalah hal buruk bagi John maupun kami karena bisa saja enam pekan dibutuhkan untuk masa pemulihan. Cedera seperti itu (hamstring) memang merepotkan,” papar Guardiola saat ditemui usai laga.

“Kami harus merelakannya mengingat John selalu bermain penuh. Memang kami tidak krisis bek tengah namun mood tim akan lebih baik jika semua pemain dalam kondisi fit.”

Kehilangan Stones memang sebuah ketidakberuntungan bagi City. Terang saja karena eks Everton tersebut adalah kunci kekokohan pertahanan Manchester Biru yang sejauh ini baru kebobolan tujuh kali di Liga Inggris. Pemain 23 tahun tersebut juga amat baik dalam melakukan build up dari belakang, mengingat dalam 11 kali startnya, 96 persen akurasi umpan sukses dicatatatkan.

Namun, meski terancam menjalani sejumlah big match dan laga penting, seperti tandang melawan Manchester United (10/12) dan laga kandang kontra Tottenham Hotspur (17/12), Guardiola tidak akan cemas meski Stones tidak tersedia dalam skuat. Pasalnya masih ada kapten Vincent Kompany selain Mangala yang bisa diduetkan bersama Otamendi. Pulihnya bek asal Belgia itu dari cedera sendiri dinilai terjadi di waktu yang tepat.

“Aku terkesan pada Vincent karena ia siap dimainkan lagi usai dua bulan menepi dan hanya satu kali tampil dengan timnas. Kita semua tahu bagaimana baiknya ia dengan atau tanpa bola. Ia sudah banyak membantu sejak musim lalu dan kami harap di laga-laga ke depan cederanya tidak kambuh lagi,” tutup Guardiola kemudian. (fft/om)