Gol Tunggal Ronaldo Bawa Portugal Mengalahkan Maroko

By Admin

nusakini.com--Gol tunggal Cristiano Ronaldo membawa Portugal mengalahkan Maroko pada matchday kedua Grup B di Stadion Luzhniki, Rabu (20/6). Kemenangan ini membuka jalan Portugal ke 16 besar Piala Dunia 2018. 

Ronaldo mendapatkan golnya pada menit keempat. Berawal dari sepak pojok Joao Moutinho, Cristiano Ronaldo menanduk bola yang tak bisa diantisipasi kiper Maroko, Munir Mohamedi. 

Ronaldo nyaris mencetak gol keduanya di menit ketujuh. Serangan terorganisasi Seleccao berujung pada sebuah operan ke Ronaldo yang berdiri di sisi kanan kotak penalti Maroko. Kali ini, tendangan mendatarnya masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang Maroko. 

Tertinggal, Maroko mencoba bangkit dengan lebih berani menyerang. Di menit ke-11, Mehdi Benatia menyambut bola hasil sepak pojok. Namun, sundulan bek Maroko tersebut masih bisa diamankan kiper Rui Patricio.

Sempat terjadi polemik di menit ke-27 karena para pemain Maroko memaksa wasit Mark Geiger untuk melihat Video Assistant Referee (VAR) menyusul dijatuhkannya Nordin Amrabat akibat tarikan Raphael Guerreiro. Namun, Geiger tetap pada pendiriannya.

Memasuki menit ke-38, Portugal kembali mendapatkan peluang untuk memperlebar keunggulan. Namun, sontekan Goncalo Guedes menyambut umpan Ronaldo masih mampu ditepis Munir. Keunggulan 1-0 Portugal pun bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Di awal babak kedua, Portugal langsung melancarkan tekanan. Peluang sempat didapat Jose Fonte di menit ke-48 lewat sundulan. Namun, arah bola masih belum tepat sasaran. Tiga menit kemudian, giliran Ronaldo yang mencoba peruntungan. Tapi, tendangan dari depan kotak penalti yang dilepaskannya masih melambung. 

Di menit ke-55, giliran Maroko yang mendapat peluang. Younes Belhanda mendapatkan ruang tembak dari depan kotak penalti, tapi sayang bola masih mengarah ke pelukan Patricio. 

Selanjutnya, Maroko yang dilatih Herve Renard terus melancarkan tekanan ke arah pertahanan Portugal. Beberapa peluang coba diciptakan Nordin Amrabat dan Ziyech. Sialnya, peruntungan mereka masih belum menghasilkan gol. 

Ziyech jadi pemain Maroko yang paling sibuk di babak kedua. Di menit ke-78, ia mencoba memberikan umpan lewat tendangan bebas kepada Benatia. Tapi, sundulan bek Juventus itu masih menyamping di sisi kiri gawang Portugal. 

Di sisa waktu, Portugal terlihat kewalahan menghadapi tekanan Maroko. Namun, keunggulan 1-0 juara Piala Eropa 2016 itu tetap bertahan hingga laga berakhir.(b/ab)