Gol Tunggal Hamka Hamzah Bawa Arema Kalahkan Barito di Banjarmasin

By Admin

nusakini.com--- Bermain di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu (19/11/2016), melawan tim tuan rumah, Barito Putera, Arema unggul tipis 1-0 berkat gol Hamka Hamzah pada menit ke-74. Hasil ini  membuat Arema mempertahankan posisi di puncak klasemen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 

 Sejak awal babak pertama Arema sudah menghadapi tekanan yang dibangun Barito. Silih-berganti serangan datang. 

Hingga menit ke-17, striker andalan tuan rumah, Luis Carlos Junior tercatat sudah dua kali melepas tembakan berbahaya ke arah gawang Arema yang dijaga Achmad Kurniawan. Namun, peluang itu gagal jadi gol karena asisten wasit sudah terlebih dulu mengangkat bendera tanda offside. 

Sebaliknya, Arema tidak tinggal diam dan berupaya menekan balik lewat Cristian Gonzales maupun Esteban Vizcarra. Namun, belum membuahkan hasil.  

Babak pertama ditutup dengan skor 0-0 karena tak satupun peluang yang mampu dikonversikan jadi gol oleh kedua tim.

Di babak kedua, Barito Putera kembali menggebrak. Pada menit ke-46 Adam Alis mampu melepas tembakan, hanya tendangannya melintir dan masih jauh dari sasaran. Setelah itu tempo permainan meningkat. 

Meski lebih banyak menyerang, Barito Putera justru kebobolan. Gol yang dinanti Arema akhirnya datang pada menit ke-74. Diawali tendangan bebas, Arif Suyono yang menyambut bola itu melepas umpan ke Cristian Gonzales yang berada di area kotak penalti Barito. 

Kendati dijaga beberapa pemain lawan, Cristian Gonzales mampu menyontek bola. Hamka Hamzah, yang lolos dari penjagaan dengan berdiri bebas di depan gawang, meneruskan bola Gonzales tanpa mampu dihalau. Dengan mudah bola itu diceploskan ke gawang Imam Arief. Skor 1-0 untuk Arema. 

Pada menit ke-79, Barito hampir menyamakan kedudukan bila saja sundulan Thierry Gathuessi tidak melayang tipis di atas mistar gawang Achmad Kurniawan.  

Upaya Barito Putera menyamakan skor tidak membuahkan hasil. Hingga wasit Maulana Nugraha meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Arema. (b/ab)