Gol Modric Bawa Kroasia Tekuk Turki 1-0 di Piala Eropa 2016

By Admin

nusakini.com--Luka Modric jadi penentu kemenangan Kroasia 1-0 atas Turki  partai perdana Grup D Piala Eropa 2016, di Stadion Parc des Prince, Paris, Minggu (12/6). 

Sepakan voli dari luar kotak penalti yang dilakukan Modric, gagal dibendung kiper Volkan Babacan. Momen pada menit ke-41 tersebut membuat Kroasia mendapatkan hasil maksimal, dan menjadi modal untuk lolos dari fase grup. 

Bagi Modric, gol tersebut tak hanya menentukan kemenanga, melainkan torehan rekor yang menyertai penampilan apiknya. Ia tercatat sebagai pemain pertama asal Kroasia yang mampu mencetak gol dari luar kotak penalti sepanjang sejarah partisipasi di Piala Eropa.

Modric juga tercatat sebagai pemain ke-26 asal Real Madrid yang mampu mencatatkan namanya di papan skor turnamen Piala Eropa. Terakhir, aksi gelandang berusia 30 tahun tersebut membuat empat dari delapan gol yang sudah tercetak di Euro 2016, berasal dari luar kotak penalti.

Sementara bagi Turki, kekalahan ini membuat mereka selalu nirpoin pada tiga partai pembuka turnamen Piala Eropa. 

Menurut statistik UEFA, Turki sebenarnya tampil dominan sepanjang laga dengan memiliki 51 persen penguasaan bola, namun hanya mampu melepaskan sembilan percobaan yang dua di antaranya akurat. Sedangkan Kroasia sukses memiliki 18 peluang yang enam di antaranya tepat sasaran. 

Setelah laga ini, Kroasia akan menantang Republik Ceska di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne (17/6). Pada hari yang sama, Turki akan menghadapi Spanyol di Stadion Allianz Riviera, Nice. (b/ab)

Susunan pemain 

Turki: 1-Volkan Babacan, 3-Hakan Balta, 15-Mehmet Topal, 8-Selcuk Inan, 18-Caner Erkin, 7- Gökhan Gönül, 14-Oguzhan Özyakup (20-Volkan Sen, 46') 16-Ozan Tufan, 10-Arda Turan (17-Burak Yilmaz, 65') 6-Hakan Calhanoglu, 9-Cenk Tosun (21-Emre Mor, 69')

Pelatih: Fatih Terim (Turki)

Kroasia: 23-Danijel Subasic, 21-Domagoj Vida, 5-Vedran Corluka, 3-Ivan Strinic, 11-Darijo Srna, 7-Ivan Rakitic, 19-Milan Badelj, 10-Luka Modric, 17-Mario Mandzukic, 4-Ivan Perisic, 14-Marcelo Brozovic 

Pelatih: Ante Čačić (Kroasia)