Gol Indah Nainggolan Singkirkan Swedia di Piala Eropa 2016

By Admin

nusakini.com-- Langkah Swedia di Piala Eropa 2016 akhirnya terhenti setelah tumbang 0-1 di tangan Belgia dalam laga penentu Grup F Kamis (23/6) dini hari WIB.  Gol tunggal Belgia dicetak Radja Nainggolan di menit 84. Hasil ini membawa Belgia sukses mengunci posisi runner-up grup F.

Swedia sebenarnya tampil baik pada pertandingan ini. Setelah gagal mencetak gol di babak pertama, Swedia coba tampil lebih menyengat di awal paruh kedua. Zlatan Ibrahimovic mengancam lewat sundulannya tapi bola masih melayang di atas mistar.

Ibra berhasil menceploskan bola ke gawang Belgia di menit ke-62, memanfaatkan pantulan tendangan Marcus Berg. Tapi gol dianulir setelah kaki Berg terlalu tinggi dalam perebutan bola.

Setelah terus ditekan, Belgia coba balik membalas lima menit berselang. Kevin De Bruyne membuka serangan sebelum lepaskan tendangan keras dari ujung kotak penalti. Namun, kiper Andreas Isaksson mampu menepis bola dengan sempurna.

Isaksson kembali membuat penyelamatan gemilang di menit ke-73. Romelu Lukaku melakukan penetrasi dan menempatkan bola datar, tetapi kiper Swedia itu kembali mampu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Menit 83 peluang emas Swedia digagalkan De Bruyne di atas garis gawang. Dan hal itu berdampak besar, karena Belgia berhasil mencetak gol di menit ke-84.

Tendangan luar biasa Radja Nainggolan memanfaatkan umpan Eden Hazard, yang menusuk dari sayap kiri, kali ini gagal dihentikan Isaksson dan berhasil membawa Belgia unggul 1-0. Skor tersebut bertahan sampai bubaran.

Dengan hasil ini, Belgia menduduki peringkat dua klasemen Grup E dengan total enam poin dari tiga laga. Nainggolan cs akan menghadapi Hungaria pada babak 16 besar mendatang.

Sementara Swedia dipastikan tersingkir usai hanya bisa menjadi juru kunci Grup E dengan satu poin saja. Hasil ini juga membuat Zlatan Ibrahimovic menutup karirnya di timnas usai kekalahan ini. (v/ab)

Susunan Pemain:

Swedia: Andreas Isaksson, Erik Johansson, Martin Olsson, Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Emil Forsberg, Kim Kallstrom, Sebastian Larsson (Durmaz 70'), Albin Ekdal, Zlatan Ibrahimovic, Marcus Berg (Guidetti 63')

Belgia: Thibaut Coutois, Toby Alderweireld, Thomas Meunier, Thomas Vermaelen, Jan Vertongen, Eden Hazard, Yannick Carrasco (Mertens 71'), Radja Nainggolan, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Romelu Lukaku (Benteke 87')