Geliat Ekspor Manggis Bali Dan Ayam Petelur

By Admin


nusakini.com - Panas terik Bali siang ini seperti tidak terasa. Hari ini, Kamis, 6 September 2018, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, melangkah semangat turun dari mobil dan langsung menuju dua truk kontainer di Angkasa Pura Logistik. Satu kontainer memuat anak ayam yang baru menetas sehari, dan satunya berisi manggis Bali. Dua kendaraan tersebut secara simbolis menggambarkan pelepasan ekspor dua produk andalan pertanian Indonesia: manggis dan anak ayam yang baru menetas sehari.

Menyusul beberapa kali ekspor dua komoditas tersebut yang sudah dilakukan, kali ini kuantitas produk yang dipasok ke luar negeri juga lumayan besar. Untuk anak ayam, sebanyak 35.000 ekor dikirim ke Timor Leste oleh PT Charoen Pokphand Indonesia. 

Sementara untuk manggis, ekspor dilakukan oleh PT Radja Manggis Sejati. Sebanyak 9.000 ton manggis pilihan dikirim secara bertahap sampai April 2019 ke Cina, negara yang terkenal memiliki keketatan dalam menerima manggis luar.

Dua komoditas ini menambah deretan produk Indonesia yang sudah berhasil diekspor. Beberapa produk lainny di antaranya jagung, sayuran dan bunga, kopi, serta coklat. "Semua ini menunjukkan bahwa kualitas produk Indonesia mampu bersaing di pasar internasional," pungkas Amran tersenyum cerah. ( tami )