Gelaran Banyuwangi Agro Expo Jadi Ajang Petani Hadirkan Produk Unggulannya

By Admin


nusakini.com - Banyuwangi - Banyuwangi Agro Expo yang digelar hingga Rabu, 13 April 2016 mendatang menghadirkan beragam produk pertanian asli Banyuwangi mulai dari hortikultura hingga tanaman pangan bisa dinikmati para pengunjung. Gelaran Expo ini ditujukan untuk membuka kesempatan bagi para petani untuk memamerkan produk unggulannya.

Hal ini disampaikan Bupati banyiwangi Abdullah Azwar Anas sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk terus memacu semangat petani menghasilkan produk yang berkualitas.

"Ini sebagai bentuk perhatian kami pada petani. Selama ini mereka sering dipuji memiliki peran penting bagi negara, tetapi mereka jarang diberi panggung menampilkan produk-produknya. Lewat event inilah mereka bisa memperlihatkan keunggulan komoditas pertaniannya," ujar Bupati Azwar di Banyuwangi, Minggu (10/4/2016)

Hasil agro petani yang meramaikan ajang expo ini mulai dari buah naga, jambu kristal, jeruk, manggis hingga durian bisa dijumpai di agro wisata ini. Pengunjung juga bisa memborong buah-buahan itu dengan harga terbaik dari sang petani. 

Dalam Banyuwangi Agro Expo juga ada makan durian gratis dan kontes durian eksotis Banyuwangi. Kontes ini diikuti semua petani durian berbagai varian, baik itu duriannya berwarna merah, oranye, atau putih kekuningan. 

Banyuwangi agro wisata ini digelar sebagai komitmen Banyuwangi memproteksi buah lokal dari serbuan buah impor. Tak hanya sebuah larangan berupa bualan belaka, tapi selama lima tahun terakhir, Pemkab menetapkan kebijakan proteksi buah lokal. Di setiap acara yang melibatkan Pemkab, suguhan buah yang dihidangkan harus buah lokal. (ip/mk)