nusakini.com-Makassar-SMAN 20 Makassar menggelar rapat kerja (Raker) tahun pelajaran 2019/2020 di Hotel Grand  Imawan, 26-28 Juli. Raker kali ini mengusung tema "Arah angin menuju titik 20 A, mengantar asa pada titik kulminasi 2020". 

Raker ini diikuti oleh staf pengajar, komite sekolah dan perwakilan siswa SMAN 20 Makassar. "Kami berharap dari raker ini lahir program andal yang menjadi acuan untuk mengembangkan sekolah dan siswa dalam setahun pengajaran," ujar Mirdan Midding, kepala sekolah SMAN 20 Makassar. 

Menurut Mirdan, dirinya ingin para pengajar termotivasi meningkatkan kemampuannya. Itulah mengapa Mirdan selaku kepala sekolah menghadirkan pembicara dari akademisi dan motivator. Diantaranya, Prof. Dr. Jasruddin, Kepala LLDIKTI Wilayah IX M.Si dan Sarwandi Eka Sarbini, penulis buku dan motivator. 


Dalam pemaparannya, Jasruddin yang juga guru besar di UNM ini menitikkanberatkan pada penguasaan bahasa asing buat guru dan siswa. "Meski hanya lulusan SMA, banyak pemuda Indonesia mendapatkan pekerjaan di luar negeri karena faktor bahasa. Dan harus diketahui, gaji mereka jauh lebih besar daripada lulusan perguruan tinggi yang baru mulai bekerja tanpa keahlian bahasa," kata Jasruddin.

Sementara Sarwandi memotivasi peserta raker untuk lebih banyak membaca dan lebih percaya diri untuk berinovasi."Di era milenial seperti ini dibutuhkan sosok yang kreatif dan inovatif," katanya. (ab)