Gelar Lomba Kelurahan Terbaik 2017, Evaluasi Perkembangan Kelurahan di Surabaya

By Admin

nusakini.com-- Kota Surabaya sebagai kota yang besar dan berkembang tentu tidak lepas dari peran kelurahan. Untuk melihat perkembangan kelurahan yang ada di Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah menggelar seleksi Lomba Kelurahan Terbaik 2017. 

Lomba tersebut merupakan bagian dari kegiatan evaluasi perkembangan kelurahan 2017 sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melihat profil kelurahan yang ideal sesuai dengan perkembangan nyata. Lomba tersebut juga untuk melihat kelurahan mana saja yang nantinya dapat menjadi lab site atau kelurahan percontohan di masing-masing wilayah Surabaya. 

Sebanyak 31 dari 154 Kelurahan lolos proses adminsitrasi untuk mewakili 31 kecamatan. Kelurahan yang lolos administrasi tersebut selanjutnya akan mengikuti proses paparan gambaran umum kelurahan yang dimulai Senin (13/3) hingga Jumat (17/3) nanti. Selanjutnya dari 31 kelurahan tersebut akan dipilih 3 terbaik untuk dilakukan tinjauan lapangan 20-22 Maret nanti. 

Proses penjurian akan dilihat berdasarkan tiga indikator utama yakni pemerintahan, masyarakat dan wilayah. Tim juri terdiri dari 11 anggota yakni dari Polrestabes Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, PKK Kota Surabaya, Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Perencana Kota, Dinas Pertanian serta Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah sendiri. 

Kelurahan terbaik pertama, kedua dan ketiga berhak membawa pulang trophy Wali Kota Surabaya. Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan trophy akan dilakukan saat puncak Hari Jadi Kota Surabaya ke 724 nanti. Untuk kelurahan terbaik pertama nantinya akan mewakili Surabaya melaju ke tingkat provinsi. (p/ab)