nusakini.com-Milan -Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte akhirnya mengeluarkan perintah penghentian sementara seluruh kegiatan olahraga menyusul semakin parahnya wabah virus corona. Termasuk Kompetisi sepak bola Serie A Italia yang ditangguhkan hingga 3 April. 

Penundaan sementara Serie A Italia sudah mencuat sejak akhir pekan kemarin. Ketika itu Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora dan Asoasiasi pemain sudah meminta penundaan sementara. Namun pada akhirnya pertandingan tetap berjalan dengan tanpa penonton. 

Dengan ditangguhkan sampai 3 April, Serie A Italia kemungkinan selesai di tengah jalan. Sangat sulit mengatur jadwal baru jika ditunda sebulan. Apalagi akan ada Euro 2020 di musim panas nanti.

"Tidak ada lagi waktu, jumlahnya memberi tahu kami ada peningkatan yang signifikan dalam penularan, dalam perawatan intensif dan kematian. Kebiasaan kita harus berubah, kita harus mengorbankan sesuatu untuk kebaikan seluruh Italia. Inilah sebabnya kami akan mengambil tindakan lebih keras," kata Conte seperti dikutip dari Football Italia. 

Adanya keputusan dari Conte ini juga mengancam nasib klub-klub Italia di kompetisi Eropa. Pasalnya pertandingan tanpa penonton juga tidak diperbolehkan.  

Juventus, Napoli dan Atalanta masih bermain di Liga Champions. Sedangkan Inter Milan dan AS Roma bertanding di Liga Europa.  (b/ab)