Gedung Dinas KPKP akan Terapkan Taman Vertikal

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menerapkan taman vertikal atau vertical garden di kantornya Jl Gunung Sahari No 11, Jakarta Pusat dan Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, media tanam akan dipasang tegak lurus atau vertikal di sisi luar dinding gedung. Sehingga secara visual eksterior bangunan terlihat rindang.

"Beberapa lantai akan hijau menjuntai secara vertikal dan dari jauh keliatan hijau. Nanti ditanam tanaman hias maupun sayuran," ujarnya

Darjamuni menjelaskan, taman vertikal memiliki banyak kegunaan seperti penahan panas matahari, mengurangi dan mengatasi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen dan lain sebagainya.

"Dari segi estetika, eksterior bangunannya bakal indah untuk dilihat. Ini pola pemanfaatan ruang yang ada di gedung bertingkat," katanya.

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto menambahkan, dengan diterapkannya taman vertikal di gedung Dinas KPKP DKI Jakarta dan Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman diharapkan bisa mendorong pengelola gedung lainnya ikut melakukan hal serupa.

"Salah satu sasaran kami dalam kegiatan pertanian perkotaan itu antara lain gedung pemerintahan dan swasta," ucapnya.

Taufik menyebutkan, penerapan konsep taman vertikal di kedua gedung tersebut telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 400 juta.

"Sekarang masih dalam tahap perencanaan. Diprediksi bisa dimulai di triwulan tiga dan empat," tandasnya(pr/kj/al)