Gaungkan Pemanfaatan EBT, Kementerian ESDM Gelar Forum Tematik Bakohumas

By Abdi Satria


nusakini.com-Bandung-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di Bandung, Rabu (27/11) hingga Jumat (29/11). Mengambil tema "Energi Terbarukan, Sekarang dan Masa Depan", Forum Bakohumas kali ini menitikberatkan pada peran Humas Pemerintah pada publikasi pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). 

"Kita sebagai Government Public Relations (GPR) harus turut serta mendukung publikasi produk EBT dengan menginformasikan keunggulan EBT kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat terliterasi dan terbangun product image EBT yang positif," ujar Sekretaris Bakohumas Helmi Hafid. 

Helmi pun berharap, peran GPR mendukung kampanye "Energi Terbarukan, Sekarang, dan Masa Depan" mampu menyadarkan masyarakat Indonesia untuk beralih mengunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan tidak bergantung pada energi fosil sehingga bisa menurunkan pencemaran udara. 

"Selain itu juga, mampu menarik perhatian dan membangun daya tarik negara lain untuk mengimpor produk energi terbarukan karya Indonesia," lanjutnya. 

Hal tersebut sejalan dengan fokus pemerintah saat ini, khususnya di sektor ESDM, di mana pengembangan dan pemanfaatan sumber-sumber EBT guna pencapaian target 23% EBT pada bauran energi nasional tahun 2025, sebagaimana amanat Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). 

Kementerian ESDM, menurut Kepala Subbagian Hubungan Kelembagaan Biro KLIK Kementerian ESDM Salman Akira Togi, telah melakukan beberapa upaya untuk mendorong pengembangan energi terbarukan dan mempercepat transisi energi. 

"Program-program itu antara lain Program Mandatori B30, pembagian lebih dari 300.000 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarat di daerah pedalaman di Indonesia, pembangunan lebih dari 26.000 Penerangan Jalan Umum - Tenaga Surya, Penerbitan Peraturan Menteri ESDM tentang PLTS Atap, serta penyusunan Road Map Energi Terbarukan," jelasnya. 

Forum Bakohumas hari pertama turut menghadirkan content creator Yudistira 'Udd' Sondakh untuk membahas tuntas kiat-kiat pengemasan konten video di media sosial Pemerintah yang menarik. Hari kedua akan diisi dengan diskusi panel terkait Potensi EBT dan Listrik Surya Atap bersama Direktur Aneka EBT Harris dan VP Perencanaan Pengembangan Produk Inovatif PT. PLN Leo Basuki. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke PT LEN Industri (Persero). (p/ab)