FTZ ASEAN - Hong Kong Berpotensi Tingkatkan Ekspor Indonesia

By Admin

nusakini.com--Kadin Indonesia percaya bila penandatanganan Kesepakatan Perdagangan Bebas (FTA) ASEAN - Hong Kong akan berdampak positif bagi peningkatan ekspor Indonesia ke sejumlah negara. Posisi Hong Kong sebagai lokasi transit barang ekspor asal Indonesia akan semakin penting dengan adanya kesepakatan tersebut. 

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani di Manila, Filipina, menjelaskan, Hong Kong sejauh ini berperan sebagai hub dalam lalu lintas ekspor produk Indonesia ke sejumlah negara tujuan. 

Shinta mengatakan, selama ini produk ekspor Indonesia mengalami masalah seputar tarif saat transit di Hong Kong. Pasalnya selama ini belum ada perjanjian terkait tarif antara kedua negara. 

"Dengan ASEAN - Hong Kong FTA kita bisa dapat perlakuan khusus dalam tarif kalau produk kita transit di Hong Kong," ujar Shinta, kemarin.

Sehari sebelumnya, Para Menteri Ekonomi ASEAN menandatangani FTA dengan Hong Kong. Indonesia diwakili oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Menteri Perdagangan menjelaskan, implementasi perjanjian berlaku dua bulan setelah Hong Kong dan empat negara ASEAN menotifikasi penyelesaian prosedur domestik. 

Selain kerjasama tersebut, Mendag menjelaskan, Hong Kong juga menandatangani perjanjian investasi dengan ASEAN. Bagi Indonesia, Hong Kong dapat berinvestasi di sektor logistik, pariwisata, dan perbankan. 

Hong Kong tercatat sebagai mitra investor ke-4 terbesar di Indonesia dengan nilai investasi mencapai US$ 2,6 miliar. 

Total nilai perdagangan kedua negara pada tahun yang sama mencapai US$ 3,91 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia ke Hong Kong sebesar US$ 2,14 miliar dan impor sebesar US$ 1,77 miliar. Ini memberikan surplus bagi Indonesia sebesar USD 371 juta. 

Sementara bagi ASEAN, Hong kong merupakan mitra dagang terbesar ke-6 di tahun 2016. Nilai perdagangan ASEAN-Hongkong mencapai US$ 93,3 miliar atau sekitar 4,2% dari total nilai perdagangan ASEAN dengan negara-negara lain. Total investasi asing langsung (FDI) Hongkong ke ASEAN sebesar US$ 9,6 miliar atau 9,9% dari total nilai FDI di ASEAN. (p/ab)