Forum Konsultasi Bilateral Pertama Indonesia-Ethiopia

By Admin

nusakini.com--Untuk pertama kalinya, Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Ethiopia menyelenggarakan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) di Bali. FKB dipimpin bersama oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Dr. Desra Percaya dan Direktur Jenderal Asia dan Oseania Kemlu Ethiopia, Tsegab Kebebew, Senin (9/4). 

“FKB pertama Indonesia-Ethiopia ini adalah implementasi dari nota kesepahaman kedua Menteri Luar Negeri pada Januari 2015, yang bertujuan membahas berbagai isu yang merupakan kepentingan bersama guna tingkatkan kerja sama bilateral," ujar Dirjen Desra. 

Di bidang politik, kedua pihak mencatat peningkatan saling kunjung semenjak pembukaan Kedutaan Besar Ethiopia di Jakarta pada tahun 2016. Lebih lanjut, disepakati untuk mendorong kunjungan tingkat tinggi dan mempercepat penyelesaian Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Dinas dan Diplomatik. 

Menyadari tren perdagangan RI-Ethiopia yang terus menurun, kedua negara juga sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama perdagangan serta menjajaki kerja sama industri strategis. Kedua pihak apresiasi kemajuan atas rencana pembukaan penerbangan Ethiopian Airlines ke Jakarta pada tahun 2018, yang merupakan penerbangan langsung pertama Indonesia dan Afrika. Diharapkan penerbangan tersebut akan meningkatkan konektivitas RI-Ethiopia dan Afrika pada umumnya. 

Di bidang sosial budaya, kedua pihak setuju untuk meningkatkan kerja sama pendidikan dan peningkatan SDM, termasuk dengan mempercepat finalisasi MoU Kerja Sama antar Pusdiklat Kemlu RI-Ethiopia. 

Indonesia sampaikan bahwa perdamaian dan keamanan Afrika merupakan salah satu prioritas utama Indonesia, yang diwujudkan melalui kontribusi RI pada berbagai misi pemeliharaan perdamaian PBB di kawasan Afrika. 

Ethiopia apresiasi peran dan dukungan Indonesia dalam memastikan perdamaian yang berkelanjutan di Afrika dan menyampaikan dukungan terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, periode 2019-2020. 

FKB RI-Ethiopia ini diselenggarakan sebelum pelaksanaan Indonesia Africa Forum, 10-11 April 2018 di Nusa Dua, Bali. FKB berikut dijadwalkan untuk diadakan di Ethiopia.(p/ab)