Fahri Hamzah Samakan Gaya Pidato Prabowo dengan Bung Karno, Mantan Ajudan Bung Karno: Aduh Jauh Sekali

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Gaya pidato capres nomor urut 2 Prabowo Subianto seringkali dikatakan mirip dengan gaya pidato Presiden pertama RI Sukarno (Bung Karno). Salah satunya datang dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, yang menurutnya ada kesamaan gaya orasi Prabowo dengan Presiden RI pertama, Sukarno. 

"Kalau disampaikan secara meledak-ledak ya itu gaya dia kan (Prabowo-red). Dia (Prabowo) kan lebih mirip Bung Karno. Sementara kita tidak mungkin mengharapkan Pak Jokowi meledak-ledak. Itu soal gaya orang," ucap Fahri, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019). 

Menanggapinya, mantan ajudan Bung Karno, Sidarto Danusubroto tak sependapat dengan itu.

"Aduh jauh sekali, maaf ya," kata Sidarto di Posko Cemara Tim Kampanye Nasional (TKN), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

"Mungkin rasa pidato sama tapi kalau substansinya Bung Karno itu seorang orator yang membebaskan bangsa ini dari kemerdekaan, beda sekali ya suasana kebantinanya, lain sekali," sebutnya.

Sidarto mengaku hingga kini belum menemukan sosok yang mampu menyamai gaya pidato Bung Karno. Sebab, Bung Karno merupakan sosok pendiri bangsa yang gemar membaca buku dan berpengetahuan luas.

"Beliau ini bacaannya ratusan buku jadi bagaimana lahirnya pancasila itu dia sampaikan dengan orasi, bagaimana indonesia disampaikan lisan. Itu karena buku itu sahabatnya dia, day by day. Beliau juga ditahan membaca buku itu adalah habitnya, habit dailynya itu membaca buku," pungkasnya. (s/ma)