Expo Potensi Desa Dorong BUMN dan Swasta Ikut Membangun Desa

By Admin

nusakini.com--Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggelar Expo Potensi Desa di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, 13-15 Oktober 2016. 

Beragam kekayaan dan potensi unggulan desa ditampilkan dalam Expo ke-2 tahun ini setelah di Sumatera Barat pada 23-25 September 2016. Expo Potensi Desa merupakan agenda tahunan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Tahun lalu kegiatan sejenis dihelat di enam lokasi, yakni Cianjur, Bondowoso, Demak, Banyuasin, Maros, dan Banjarmasin. 

Expo Potensi Desa ke-2 tahun 2016 di JCC sendiri dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Dijelaskan bahwa Expo Potensi Desa merupakan peluang bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta untuk masuk dan terlibat langsung dalam pembangunan desa. 

"Melalui Expo Potensi Desa ini, kami berharap mitra-mitra kerja dari BUMN maupun swasta dapat terdorong untuk turut berpartisipasi dalam membangun desa," ujar Mendesa Eko saat membuka Expo Potensi Desa 2016 di JCC, Jakarta, Kamis (13/10). 

Dalam Expo Potensi Desa ini, sejumlah mitra usaha yang ikut berpartisipasi. Diantaranya BNI, Bulog, BRI, BTN, Pegadaian dan beberapa mitra lainnya. Keterlibatan mitra strategis ini dapat memacu proses pembangunan desa yang menjadi komitmen pemerintahan Jokowi. 

Mendes Eko menjelaskan, peserta Expo Potensi Desa tentunya menampilkan keunikan yang khas serta memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini menjadi momentum penting bagi semua kalangan, termasuk pemerintah dalam memetakan potensi desa. Juga momentum bagi setiap daerah memamerkan, memasarkan, dan memajukan produk unggulannya. 

"Kami berharap kegiatan ini akan menjadi wadah interaksi dan saling bertukar informasi untuk kemajuan daerah, bagi para peserta expo, dan juga masyarakat serta dunia usaha. Mari kita saling menginspirasi. Mari kita bergerak bersama memajukan produk unggulan daerah mewujudkan Gerakan Nasional Satu Desa Satu Produk," tegas Mendes Eko. 

Mendes Eko menjelaskan, Expo Potensi Desa merupakan sarana bagi desa-desa untuk menunjukkan kepada publik berbagai potensi yang layak dikembangkan ke level yang lebih tinggi. Expo ini juga menjadi sarana sosialisasi capaian kinerja Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, baik dalam hal regulasi maupun program unggulan Kementerian. 

Pembukaan Pameran Expo Potensi Desa 2016 di JCC berlangsung meriah. Apalagi acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir. Dengan demikian, kolaborasi pemerintah dalam mempercepat program Desa Membangun akan semakin lekas tercapai.(p/ab)