Eskul Futsal Jadi Perekat Siswa SMPN 25 Makassar

By Admin

nusakini.com--Banyak cara untuk menanamkan nilai pendidikan dan pembentukan karakter siswa. Seperti yang diterapkan guru dan pembina Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 25 Makassar. 

Sekolah yang berlokasi di kawasan Sudiang Raya ini menjadikan program eskul sebagai andalan, salah satunya adalah cabang olahraga Futsal. "Selain menjaga kebugaran, futsal membiasakan siswa berkompetisi sehat dan fair," ujar Andi Shyam Paswah, guru sekaligus pembina futsal SMPN 25, Rabu (1/3).

Menurut Coklat, sapaan akrabnya, futsal sangat diminati kalangan siswa. Bukan sekadar menjaga kondisi, tim futsal SMPN 25 baru saja menjuarai turnamen Keker Futsal League (KFL) 2017 di GOR Sudiang bulan lalu.

Saat ini, SMPN 25 menggelar liga internal dengan pengurus OSIS sebagai operator. "Liga ini juga menerapkan aturan yang unik. Dimana siswa diajarkan menjunjung tinggi nilai sportivitas. Pemenang tidak boleh jemawa dan tim yang kalah tetap terhibur," papar Coklat.

Selain futsal, SMPN 25 juga membina eskul lainnya seperti Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Cricket, Bolabasket dan Paskibra. Semua program eskul mendapat dukungan positif dari Drs. Nurhadi Taiya selaku kepala sekolah dan para guru di SMPN 25. "Beliau menyediakan fasilitas dan memberi keleluasaan siswa menentukan pilihannya," papar Coklat.

Dilain pihak, selain program eskul, SMPN 25 juga menyediakan fasilitas buat siswa melakukan komunikasi dengan orangtuanya dengan fasilitas telpon murah. Mereka bekerjasama dengan Indosat, operator seluler yang memberlakukan tarif Rp.1 perdetik. "Meski berada di lingkungan sekolah, siswa bisa tetap berkomunikasi dengan orangtuanya," tutup Coklat. (ab)