Enam BUMN Kejar Peluang Bisnis di Nigeria

By Admin

nusakini.com---Enam BUMN Indonesia yang terkait dengan sektor transportasi yaitu PT DI, PAL, Pelindo, Garuda Indonesia, INKA, dan Pindad, serta institusi keuangan Bank Exim Indonesia melakukan pertemuan bisnis dengan Menteri Transportasi Nigeria Hon. Chibuike Rotimi Amaechi di arena kegiatan Trade Expo Indonesia, ICE-BSD Serpong kemarin. 

Kementerian Luar Negeri secara khusus menginisiasi dan mengatur pertemuan ini agar para pelaku usaha Indonesia dapat secara langsung mendengar peluang bisnis di sektor transportasi dari Menteri Nigeria. 

Dipandu oleh Dubes RI Abuja Harry Purwanto, keenam BUMN mempresentasikan keunggulan produk masing-masing, baik barang maupun jasa, dan prospek kerja sama potensial yang bisa dikembangkan dengan Nigeria. Sementara Eximbank menjelaskan kesiapannya untuk memberikan dukungan pembiayaan melalui skema credit line maupun untuk memfasilitasi counter trade. 

Menteri Amaechi sendiri di awal pertemuan juga memaparkan beberapa peluang bisnis di Nigeria di sektor transportasi baik darat, udara dan laut. "Saat ini kami sangat fokus untuk pengembangan transportasi darat, khususnya kereta api," jelasnya. Ditambahkan bahwa Nigeria sedang mengimplementasikan proyek nasional 25 Years Railway Strategic Vision. (p/ab)

Sebelum pertemuan, Menteri Amaechi mengunjungi beberapa stand pameran BUMN dan sempat mencoba simulator kokpit pesawat N-213 di arena TEI.