Dukungan Infrastruktur Terhadap Pariwisata Belitung

By Admin

nusakini.com--Kabupaten Belitung ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu dari sepuluh Kawasan Strategis Pariwata Nasional (KSPN). Untuk mendongkrak jumlah kedatangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara dukungan infrastruktur menjadi hal utama baik dari segi dukungan terhadap akses seperti jalan serta pemukiman. Kunjugan Kerja komisi V DPR RI ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka peninjauan infrastruktur dan transportasi. 

Disampaikan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Zamharur Basuni, Bina Marga siap memberikan dukungan terhadap Kabupaten Belutung sebagai KSPN dengan kondisi jalan dan jembatan nasional dengan kondisi mantap.

Berdasarkan data dari BBPJN V bahwa pada Desember tahun 2016 kondisi Jalan Nasional kondisi mantap sepanjang 598,2 km (99,63%) dan kondisi jembatan dengan kondisi mantap sejumlah 100 unit atau sebesar 89,42%. Kondisi jalan yang mantap tentu selain membuat nyaman para wisatawan juga meningkatkan citra positif daerah tersebut. 

Dukungan dari Cipta Karya berupa pembangunan SPAM IKK Tanjungpandang. Pembangunan Infrastruktur TA. 2015 membutuhkan dana 10,23 Miliar Rupiah dengan kemampuan untuk melayani 1.600 Sambungan Rumah (SR). SPAM IKK Tanjungpandang kapasitas terpasang 20 LPD dilengkapi sarana penunjang antara lain IPA konstruksi baja, jembatan intake, reservoir kapasitas 200 M3, rumah operasional, pompa dan mekanikal elektrikal, water meter induk.

Kawasan yang terlayani air minum meliputi Desa Perawas, Desa Air Rayak, Desa Buluhtumbang, kawasan perkantoran, Bandara Hanandjoeddin dan fasilitas umum lainnya. Pada tahun 2016 terdapat peningkatan cakupan pelayanan 241 unit sambungan rumah.SR merupakan kontribusi pencapaian 100% akses terhadap air minum yang ditargetkan dapat terpenuhi pada tahun 2019. Pengeloaan SPAM ini telah diserahkan kepada PDAM Kabupaten Belitung. 

Fary Djemy Francis selaku ketua rombongan menegaskan diperlukan jalan lingkar dengan status jalan nasional di Kabupaten Belitung untuk mendukung KSPN untuk mendukung mobilitas wisatawan dan kegiatan perekonomian lainnya. Anggota Komisi V DPR RI Yosep Umar Hadi menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu meningkatkan secara intensif potensial Belitung sehingga bisa seperti Bali. “Kulinernya, dan kebudayaan disini tentu perlu dimaksimalkan dimana tadi saya liat banyak keunikan dari ragam budaya lokal” pungkasnya. (p/ab)