Dukung Prestasi Atlet di Asian Games, Pemerintah Ajak Gelorakan Semangat AyoIndonesia

By Admin

nusakini.com--37 hari jelang Asian Games 2018, Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajak masyarakat gelorakan semangat #AyoIndonesia. Semangat ini sekaligus bentuk dukungan terhadap sukses prestasi Indonesia di Asian Games 2018.  

"Sejak Indonesia resmi ditetapkan sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018, kita telah mencanangkan untuk sukses sebagai penyelenggara sekaligus sukses prestasi olahraga. Komitmen ini secara serius telah kita berikan sejak awal dengan mengawal prestasi atlet yang akan bertanding. Oleh karena itu, semangat #AyoIndonesia ini adalah bentuk dukungan yang ingin kita berikan kepada atlet,’’ ucap Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (12/07). 

Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia sejak 1952, prestasi terbaik Indonesia pada Asian Games 1962, saat menjadi tuan rumah. Pada Asian Games 2014 di Incheon, Indonesia menempati peringkat ke 17 dengan 4 medali emas. Asian Games 2018, Indonesia kembali menjadi tuan rumah dan ikut dalam 40 cabang olahraga. Indonesia diharapkan mampu masuk dalam peringkat 10 besar.  

“Jika melihat dari peta persaingan berdasarkan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan dan kekuatan negara-negara yang ada saat ini, untuk meraih 10 besar itu kita minimal harus meraih 16-20 medali emas,” papar Menpora lagi. 

Sejumlah cabang olahraga yang diharapkan menyumbang medali emas, antara lain: Paralayang, Dayung, Jetski, Bulutangkis, Wushu, Bridge, Angkat Besi, Pencak Silat, Panjat Tebing, dan Taekwondo.  

“Kita punya juara-juara dunia yang saat ini menempati peringkat satu dunia seperti di cabang olahraga Bulutangkis, Jetski, Paralayang, Wushu, Pencak Silat dan Panjat Tebing. Kita berharap konsistensi para atlet kita untuk mempersembahkan prestasi yang terbaik, dan meraih medali sesuai dengan yang kita harapkan,” harap Menpora. 

Ditambahkan Menpora, ada empat sukses yang dicanangkan Pemerintah dalam penyelenggaraan Asian Games 2018, yaitu: sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses pemberdayaan ekonomi. 

“Saya berkunjung secara intensif ke hampir seluruh lokasi Pelatnas dengan tujuan berinteraksi langsung dengan para atlet dan pelatih, mengetahui persoalan yang dihadapi dan yang paling penting memberikan support dan motivasi pada mereka," tuturnya.   

"Dukungan dari supporter saat menjadi tuan rumah pasti juga menjadi motivasi tersendiri. Oleh karena itu, dukungan yang kita berikan hari ini sangat berarti bagi atlet untuk mengeluarkan kemampuan terbaik di Asian Games 2018. Saya berpegang teguh bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Kerja keras atlet kita pasti akan terbayar lunas, Insya Allah. #AYOINDONESIA,” tutupnya. (p/ab)