Dukung Pemerintah Pusat, Kalteng Dorong Sektor Perdagangan dan Perindustrian

By Admin

nusakini.com--Berbagai isu strategis dan program tahun 2017 di Bidang Perdagangan dan Perindustrian dibahas dalam Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalimantan Tengah Tahun 2017, sekaligus Sosialisasi Pembangunan Sentra Industri Kelas Menengah (IKM) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tanggal 16 dan 17 Oktober 2017 di Palangka Raya. 

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis dibacakan Plt. Sekda Kalteng H. Mugeni, SH. mengapresiasi Rapat Koordinasi tersebut yang bertujuan mewujudkan sinergi dan sinkronisasi program pembangunan sektor perdagangan dan perindustrian antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota dalam rangka mendukung percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan bidang perdagangan dan perindustrian se-Kalimantan Tengah menuju KALTENG BERKAH. 

“Saya sangat mengharapkan peran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang perdagangan dan perindustrian di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan Pemerintah Pusat, “ ujarnya.

Isu-isu strategis dan program tahun 2017 di bidang perdagangan dan perindustrian tersebut meliputi Sosialisasi PERMENDAG 57/M-DAG/Per/8/2017 tentang penetapan HET Beras dalam rangka menjaga stabilitas harga beras di pasaran yang terjangkau namun tidak mematikan dunia perdagangan, Sosialisasi Surat Edaran Mendag tentang Tata Niaga Gula dalam rangka menjaga kelancaran distribusi, stok dan harga gula pasir di pasaran, serta penguatan dan sinkronisasi data Industri Kelas Menengah. 

Isu strategis lainnya yang dibahas dalam Rakor tersebut adalah sinkronisasi data ekspor-impor, persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Industri Provinsi dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota, serta Pembangunan Sentra IKM di Kabupaten/Kota melalui mekanisme Dana DAK dan Pengembangan Perwilayahan Industri melalui pembangunan dan pengembangan kawasan industri di Provinsi Kalimantan Tengah. 

Rapat Koordinasi di bidang pangan menghadirkan narasumber antara lain dari Polda Kalteng, Disperindag Kalteng, dan dari BULOG Kalteng, sedangkan Sosialisasi Sentra IKM dengan narasumber Direktur Pengembangan Industri Wilayah 2 Kementerian RI. (p/ab)