Dukung 10 Destinasi Wisata, Menteri Rini Kumpulkan Dirut BUMN di Danau Toba

By Admin


nusakini.com - Kementerian BUMN terus gencar menggaungkan serta merealisasikan program "BUMN Hadir untuk Negeri". Kali ini Menteri BUMN Rini Soemarno mengajak BUMN mendukung peningkatan 10 destinasi wisata di Indonesia, salah satunya adalah Danau Toba dengan menghadirkan para dirut BUMN langsung di Danau Toba, Sumut.

Dukungan ini selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk mengakselerasi pertumbuhan di sektor pariwisata dengan target 12 juta kunjungan wisata mancanegara hingga mencapai devisa sebesar Rp 172 triliun.

Arahan Jokowi tersebut disambut dengan penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU oleh BUMN yang bergerak di bidang Pariwisata pada tanggal 12 Februari 2016 lalu. Sinergi ini merupakan salah satu upaya strategis BUMN sebagai agent of development untuk meningkatkan jaringan perhotelan di Indonesia dalam rangka mengembangkan potensi wisata dan perekonomian Indonesia. 

Dalam sambutannya saat peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN dan BUMN pada 24 April lalu, Rini kembali menegaskan dan mengarahkan BUMN untuk mendukung pengembangan destinasi wisata.  

"Misalnya dengan bantuan pengadaan fasilitas toilet bersih, sarana air bersih dan lainnya yang mampu membantu pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di sana," tutur Rini dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2016). 

Penyerahan bantuan tersebut disarankan agar dibalut dengan kebersamaan BUMN yang berulang tahun di bulan yang sama. 

Hal inilah yang mendasari perayaan BUMN yang berulang tahun pada bulan Mei yakni Barata Indonesia, Bulog, Perusahaan Daerah Industri Pulau Batam, Perusahaan Gas Negara, Sang Hyang Seri serta Varuna Tirta Prakasya untuk menggelar kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Parapat, Danau Toba.  

Program bertajuk "HUT bersama BUMN: Ekspedisi Danau Toba BUMN Hadir untuk Negeri" ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2016 berpusat di Inna Hotel Parapat, Sumatera Utara. Acara dimulai dengan Jalan Sehat Bersama Menteri BUMN dan Direktur Utama BUMN beserta masyarakat dengan peserta 1500 orang dilanjutkan penyerahan CSR secara simbolis, Penanaman Pohon dan Focus Group Discussion. 

Focus Grup Discussion yang dihadiri oleh Rini, Pejabat Kementerian BUMN serta seluruh Direktur Utama BUMN ini merupakan tindak lanjut komitmen sinergi yang dideklarasikan di KM Kelud pada 21 November 2015 silam.  

"Komitmen yang telah disepakati bersama harus jelas realisasinya. Sinergi antar BUMN harus ditingkatkan untuk menjawab setiap perubahan dan perkembangan yang ada," pesan Rini.(mk)